Shopee: Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

Shopee: Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap – Perkembangan teknologi mulai merambah dan memberikan dampak yang signifikan di berbagai bidang. Salah satunya mengenai penggunaan e-commerce untuk berbelanja, membuat proses mendapatkan berbagai barang menjadi lebih mudah.

Dulu ketika hendak membeli produk, baik pakaian, peralatan elektronik atau lainnya, Anda hanya bisa mendapatkan barang dengan datang langsung ke toko, memilih produk dan membayarnya.

Kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga yang lebih terjangkau dan cara yang lebih praktis, yakni dengan belanja online.

Maraknya aktifitas belanja online untungnya juga didukung platform belanja online, yakni marketplace daring.

Shopee merupakan salah satu start-up yang menyedian layanan belanja daring, tentunya sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan proses belanja yang ringkas, cepat dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Apa Itu Shopee

Platform Shopee merupakan perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dalam layanan belanja daring, terbesar di Indonesia dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Tidak hanya berupa platform belanja, kemudahan aksesnya menyangkut aplikasi dan website yang dapat diakses secara online, baik menggunakan perangkat desktop atau mobile.

Produk yang ditawarkan oleh platform ini cukup beragam, mulai dari pakaian atau fashion, gadget, kebutuhan sehari-hari, hingga makanan dan minuman ringan. Semua produk tersebut ditawarkan oleh penjual atau seller, dengan Shopee sebagai media perantaranya.

Di Indonesia, Shopee hadir di tahun 2015 sebagai anak perusahaan dari Singapura, Garena.

Dengan makin banyaknya pengguna gadget di Indonesia, platform ini melihat peluang menarik untuk mengembangkan platform e-commerce yang dapat diakses menggunakan gadget.

Saat ini Shopee sudah bisa diakses di banyak Negara, khususnya Asia Tenggara dan sekitarnya.

Cara Membuat Akun Shopee

Jika Anda hendak berbelanja secara daring di Shopee, Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Proses membuat akun Shopee tidak sulit dan bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni menggunakan nomor ponsel aktif, menggunakan akun Facebook serta menggunakan alamat email yang dimiliki pengguna.

Jadi sebelum membuat akun, sebaiknya Anda sudah membuat salah satu dari syarat daftar tersebut, sehingga proses pendaftaran bisa lebih cepat. Terkait dengan teknis serta tutorialnya, berikut adalah panduan yang bisa Anda ikuti.

A. Daftar Menggunakan Nomor HP

Pilihan pertama adalah menggunakan nomor ponsel yang masih aktif dan bisa digunakan, setelah melakukan pemasangan aplikasi Shopee yang Anda unduh dari Google Play Store atau App Store, cara selanjutnya adalah:

  1. Pilih menu registrasi di halaman utama aplikasi.
  2. Jika tidak menemukan menu tersebut, jangan khawatir, langsung tekan menu bertuliskan Saya dan pilih fitur registrasi.
  3. Masukkan nomor ponsel aktif yang Anda miliki di kolom yang telah disediakan.
  4. Akan ada SMS masuk ke nomor ponsel tersebut, SMS yang masuk adalah kode verifikasi yang akan Anda gunakan untuk melakukan registrasi akun.
  5. Masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia, kemudian verifikasi akan berjalan secara otomatis.
  6. Masukkan nama akun Shopee yang ingin Anda gunakan, lanjutkan dengan memasukkan kata sandi.
  7. Klik fitur yang bertuliskan daftar, nantinya akun yang Anda miliki akan aktif dan siap untuk digunakan.

B. Menggunakan Akun Facebook

Jika Anda sudah memiliki akun Facebook, Anda bisa menggunakannya untuk mendaftar di Shopee. Proses pendaftaran akun cukup sederhana, berikut adalah caranya:

  1. Unduh aplikasi kemudian pasang di perangkat yang Anda gunakan.
  2. Di bagian menu awal aplikasi, Anda tidak perlu memasukkan nomor HP untuk mendaftar, pilih opsi melanjutkan dengan menggunakan Facebook.
  3. Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook, jangan lupa masukkan kata sandi dari akun tersebut.
  4. Apabila Anda sudah berhasil melakukan login, nantinya akan tersedia email verifikasi yang dikirimkan, klik link yang tersedia didalamnya.
  5. Setelah melakukan tahapan tersebut, Anda sudah bisa menggunakan akun Shopee dan bisa berbelanja daring dengan mudah.

C. Menggunakan Akun Email

Terakhir, untuk melakukan pendaftaran platform Shopee Anda bisa menggunakan akun email yang sudah aktif, gmail adalah pilihan yang tepat. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan email yahoo jika memang memiliki email jenis tersebut.

  1. Unduh aplikasi dan pasang di perangkat yang Anda gunakan, buka aplikasi dan pilih menu untuk melakukan registrasi.
  2. Akan tersedia pilihan registrasi menggunakan email, masukkan alamat email yang aktif dan masih bisa diakses.
  3. Nantinya akan ada email masuk yang dilengkapi dengan link di alamat email yang Anda gunakan, klik link tersebut.
  4. Jika sudah, Anda akan dialihkan kembali ke aplikasi Shopee, lanjutkan dengan memasukkan kata sandi dan nama akun yang hendak dipakai.
  5. Akun tersebut sudah bisa Anda gunakan untuk beraktifitas belanja daring di platform tersebut.

Kelebihan Menggunakan Shopee

Dibandingkan dengan platform lain, Shopee memiliki lebih banyak keunggulan yang membuatnya tepat menjadi tempat untuk melakukan aktifitas jual beli daring, diantara kelebihannya adalah:

A. Pengguna yang Melimpah

Shopee merupakan platform belanja daring yang cukup terkenal, sehingga jumlah penjual dan pembelinya cukup melimpah.

Ini tentu akan membuat peluang Anda menjual produk lebih tinggi jika merupakan penjual, dan berkesempatan mendapatkan produk terbaik untuk Anda yang melakukan pembelian produk.

B. Fitur yang Lengkap

Bagi penjual, hadirnya fitur pada platform belanja daring merupakan hal yang urgen. Fitur yang lengkap akan memudahkan penjual memisahkan setiap produk yang dimiliki, sehingga pelanggan lebih mudah mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Fitur yang membantu penjual disana antara lain fitur unggah gambar, kolom varian, hingga integrasi langsung dengan pengiriman paket.

C. Program yang Menguntungkan

Platform ini menyediakan berbagai program yang akan memudahkan Anda untuk menjual atau menemukan berbagai barang.

Untuk penjual atau seller tersedia program penjual rekomendasi serta potongan harga dan lainnya, untuk pembeli voucher, cashback dan gratis ongkir menjadi program yang banyak diburu.

Meskipun faktanya sekarang ini, untuk bisa mendapatkan gratis ongkir terbatas untuk penggunaan sistem pembayaran tertentu.

Artinya tidak selalu tersedia untuk semua metode pembayaran.

Kekurangan Shopee untuk Belanja Daring

Bukan berarti Shopee tidak memiliki kekurangan, berikut ini adalah beberapa kekurangan platform e-commerce ini yang perlu Anda tahu.

A. Perang Harga untuk Penjual

Setiap penjual tentu ingin produk yang ia miliki banyak dibeli oleh pelanggan, namun di platform ini, dengan banyaknya penjual, tentu persaingan harga cukup ketat.

Karena itu, setiap penjual sampai memberikan harga yang kompetitif bahkan terkadang sangat mudah untuk menarik minat pembeli.

Namun kekurangannya adalah dengan semakin murahnya suatu produk karena takut kalah bersaing dengan penjual lain. Terkadang pengemasan atau kualitas produk menjadi nomor 2.

Meskipun memang tidak semua penjual hanya mementingkan harga murah. Banyak juga yang masih menjual dengan harga murah tetapi kualitas tetap terjaga.

Jadi pintar-pintar kita sebagai pembeli sebelum memutuskan untuk belanja online. Misalnya dengan membaca ulasan produk dan membandingkan dengan toko lain.

Sehingga nantinya produk yang kita terima sesuai dengan harapan.

B. Lambat

Karena traffic aplikasinya yang cukup tinggi, platform ini terkenal karena proses muatnya yang cukup lambat. Tidak hanya di aplikasi, namun juga di website yang mereka kelola.

Akses yang terlalu penuh kadang membuat pengguna merasakan aplikasi Shopee agak lambat terutama jika sedang ada promo besar.

Tidak hanya itu, para penjual pun kadang kesulitan melakukan pencetakan resi label pengiriman. Biasanya setelah traffic atau pengunjung berkurang, baru penjual bisa mencetak resi di Shopee.

C. Pemilihan Jasa Kirim atau Kurir

Belakangan marketplace ini mengubah sistem dalam pemilihan jasa pengiriman atau kurir. Sehingga pembeli hanya bisa melihat opsi pengiriman reguler, hemat, kargo, instant, same day dan ambil sendiri.

Sehingga banyak pembeli tidak tahu bagaimana cara pilih jasa kirim di Shopee. Karena memang sekarang sudah gabung menjadi satu opsi.

Pembeli dapat mengganti jasa kirim Shopee setelah pesanan dibuat dan belum dikemas oleh penjual, maksimal 1 jam setelah pesanan dibuat atau dibayar.

Namun kadang ini menjadi kendala juga bagi para penjual, tidak jarang ketika promo besar penjual malah tidak bisa melihat kurir apa yang terpilih sehingga tidak bisa cetak label pengiriman.

D. Ada Biaya COD Shopee

Bayar di tempat atau COD mungkin menjadi pilihan tepat bagi yang tidak memiliki ATM atau tidak mau repot membayar Shopee di Indomaret.

Dengan sistem pembayaran COD ini, pembeli hanya perlu membayar ketika paket sampai ke tujuan.

Namun kekurangannya adalah, sistem COD Shopee tidak gratis berbeda dengan Lazada. Untuk setiap transaksi dengan sistem bayar di tempat ada biaya penanganan sebesar 3%.

Cara Belanja dan Top Up ShopeePay

Kesimpulan

Shopee adalah salah satu marketplace yang memiliki kantor pusat di Singapura dan saat ini sudah menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia.

Selain menjual berbagai produk fisik, marketplace ini juga menyediakan produk digital seperti pulsa, token listrik, BPJS, isi ulang e-money bahkan bisa untuk membayar berbagai tagihan.

Salah satu yang membedakan dengan marketplace lain adalah, adanya ShopeePay yang berfungsi sebagai alat pembayaran belanja online dan dompet digital.

Tidak hanya bisa digunakan di Shopee tetapi ShopeePay bisa juga untuk membayar Alfamart, maupun merchant lain yang sudah bekerjasama.