Cara Mengecek Saldo E-Money dan History E-Toll Terbaru

Bagaimana cara mengecek saldo e-money dan history e-toll di HP Android dan ATM? jika kamu belum tahu caranya maka tidak ada salahnya jika baca artikel ini sampai selesai.

Karena kami akan tunjukan cara cek saldo E-Money Mandiri, atau Indomaret Card termasuk melihat riwayat transaksi atau history melalui HP Android maupun ATM.

Untuk melihat sisa saldo kartu e-toll Mandiri dari HP Andriod bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Mandiri Online, LinkAja, Tokopedia dan lainnya.

Sedangkan untuk melihat history e-money Mandiri bisa langsung melalui ATM tanpa harus pakai kartu ATM. Tetapi bagi kamu nasabah Bank Mandiri maka bisa langung cek history penggunaan kartu e-toll lewat Mandiri Online.

7 Cara Mengecek Saldo E-Money Di HP Android

Berikut adalah beberapa aplikasi untuk cel saldo e-money di Anroid yang bisa kamu coba. Namun sebelum menggunakan aplikasi berikut ini, jangan lupa aktifkan NFC terlebih dahulu.

Cek Saldo Kartu E-Toll Dengan Mandiri Online

  1. Login ke aplikasi Mandiri Online.
  2. Pilih menu E-Money.
  3. Kemudian pilih Lihat / Perbarui Saldo.
    Cara Mengecek Saldo E-Money Di HP Android
  4. Termpelkan kartu e-toll ke bagian belakang HP dan tunggu sampai info sisa saldo muncul di layar HP.

Cukup mudah, namun kelemahannya adalah cara mengecek e-toll ini hanya bisa untuk nasabah Bank Mandiri saja. Jika bukan nasabah Bank Mandiri maka silahkan pilih beberapa aplikasi berikutnya.

Cek Saldo E-Money Mandiri Lewat LinkAja

Salah satu aplikasi uang elektronik atau e-wallet LinkAja bisa kita gunakan untuk top up e-money, cek saldo maupun update saldo kartu e-toll Brizzi, Tapcash dan Mandiri.

Adapun cara mengecek saldo e-money pakai LinkAja caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi LinkAja. Jika belum ada silahkan download dari Google Play Store lalu buat akun menggunakan nomor handphone aktif.
  2. Dari menu utama pilih Kartu Uang Elektronik.
  3. Kemudian pilih tombol Cek Saldo.
  4. Pilih E-Money Mandiri.
    cek saldo e-toll di LinkAja
  5. Letakan kartu pada bagian belakang smartphone dan jangan lepas sampai saldonya muncul.

Tidak hanya bisa untuk mengecek saldo e-toll. Aplikasi LinkAja bisa juga untuk mengupdate saldo e-toll setelah top up baik itu Brizzi, Tapcash BNI maupun e-Money Mandiri.

Cara Cek Saldo Kartu E-Money Di HP Lewat Tokopedia

Tokopedia mungkin salah satu marketplace yang pertama menyediakan layanan top up e-money Mandiri. Awalnya hanya Mandiri, namun belakangan sudah menambah layanan lain yaitu Brizzi dan BNI Tapcash.

Aplikasi Tokopedia bisa kita gunakan untuk mengetahui sisa saldo kartu e-Money dari HP Android, dan caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Tokopedia. Pilih menu Top-Up & Tagihan.
  2. Kemudian lihat bagian Isi Ulang, pilih E-money.
  3. Tap tombol Update Saldo.
    Mengecek Saldo E-Money di Tokopedia
  4. Tempelkan kartu e-money Mandiri ke belakang HP. Tunggu sampai info saldo muncul.

Selain untuk mengecek saldo e-money. Melalui aplikasi Tokopedia kita juga bisa update saldo e-toll. Misalnya baru membeli dari Shopee namun tidak bisa update saldo.

Maka kamu bisa gunakan aplikasi Tokopedia maupun aplikasi lain termasuk LinkAja untuk mengupdate saldo yang baru kamu beli.

Cara Mengecek Saldo Kartu E-Toll Di HP Android Pakai Aplikasi iSaku

Aplikasi lain yang bisa kita pakai untuk melihat saldo, isi ulang maupun update saldo setelah top up adalah iSaku.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, harus daftar iSaku terlebih dahulu. Caranya cukup gampang, yaitu download iSaku dari Google Play Store kemudian buat akun.

Setelah memiliki akun, jalankan aplikasinya dan cara untuk mengecek sisa saldo e-toll pakai iSaku caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi iSaku.
  2. Pilih menu Uang Elektronik.
  3. Tempelkan kartu e-money Mandiri ke bagian belakang HP dan tunggu sampai pembacaan saldo selesai.
    Cara Mengecek Saldo Kartu E-Toll Di HP Android Pakai Aplikasi iSaku

Selain e-Money Mandiri, aplikasi iSaku juga bisa kita pakai untuk mengecek saldo BRIZZI. Caranya sama seperti penjelasan di atas. Namun untuk mengecek saldo e toll Flazz BCA maupun Tapcash BNI belum bisa.

Cek Saldo E-Toll Mandiri Lewat Bukalapak

Bagi yang sering belanja di Bukalapak melalui aplikasi. Maka bisa menggunakan fitur uang elektronik untuk mengecek saldo e-money di HP dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Bukalapak.
  2. Pilih menu TopUp & Isi Pulsa.
  3. Kemudian pilih Uang Elektronik.
  4. Tempelkan kartu e-money ke bagian belakang HP Andorid kamu. Tunggu sampai saldonya muncul.

Cek Saldo E-Money Indomaret Card Lewat BliBli

Seperti sudah kami bahas sebelumnya. Kartu e-money Mandiri, E-Toll dan e-Money Indomaret Card. Sebetulnya sama saja fungsinya.

Yang beda hanya pihak penerbit kartu, untuk e-toll dan Indomaret card hasil kerja sama antara Bank Mandiri dengan pihak lain yaitu pengelola tol dan Indomaret.

Sehingga cara menggunakan e-Money Indomaret card maupun cek saldo, caranya sama saja. Selain bisa pakai beberapa aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas. Bisa juga menggunakan aplikasi Blibli.

Adapun cara mengecek saldo e-money dengan NFC di Android mengunakan BliBli, langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi BliBli.
  2. Pilih menu Tagihan & Isi Ulang.
  3. Kemudian lihat bagian Isi Ulang & Hiburan lalu piih Mandiri e-Money.
  4. Tap tombol cek saldo.
    Cek Saldo E-Money Indomaret Card Lewat BliBli
  5. Tempelkan kartu e-money di bagian belakang HP dan nanti akan terlihat saldo uang elektronik yang tersimpan pada kartu tersebut.

Selain kartu e-Toll Mandiri. Kamu juga bisa menggunakan BliBli untuk melihat saldo e-toll BRI dan BNI dengan langkah yang sama seperti penjelasan di atas.

Cara Melihat Saldo E-Money Di HP Lewat Shopee

Pilihan berikutnya, bagi kamu yang sudah memiliki akun Shopee. Maka bisa cek saldo e-toll Mandiri melalui aplikasi Shopee dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Shopee dari HP dengan NFC.
  2. Pilih menu Pulsa, Tagihan & Hiburan.
  3. Kemudian pilih Uang Elektronik.
  4. Tap Update.
  5. Pilih E-Money Mandiri.
  6. Tempelkan kartu e toll ke bagian belakang ponsel, jangan lepas sampai saldonya muncul.

Salah satunya yang terbaru adalah BSI Mobile. Namun kamu harus menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara Cek Saldo E Money Mandiri Di ATM

Jika tidak ada HP dengan NFC. Maka selain melalui mesin EDC, kamu juga bisa mengecek sisa saldo e toll melalui ATM Bank Mandiri.

Pengecekan saldo kartu e-money di ATM Mandiri tidak perlu kartu ATM. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus menjadi nasabah Bank Mandiri.

Langkah-langkah cek sisa saldo kartu e-money Mandiri di ATM adalah sebagai berikut.

  1. Tekan tombol dengan tulisan Accept.
  2. Selanjutnya pilih menu Mandiri E-Money.
  3. Pilih Info Saldo.
  4. Tempelkan kartu e-toll Mandiri ke reader atau alat pembaca kartu e-money yang ada di ATM tersebut.
  5. Tunggu sampai info sisa saldo muncul di layar mesin ATM.

2 Cara Cek History E-Money Mandiri

Ada dua cara melihat history e-Money Mandiri, yaitu melalui Mandiri Online dan ATM. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan berikut.

1. Cek Melalui Aplikasi Mandiri Online

  1. Buka aplikasi Mandiri Online lalu pilih menu e-Money.
  2. Pilih menu Riwayat Transaksi.
    Cara Cek History E-Money Mandiri
  3. Tempelkan kartu e-toll ke bagian belakang HP dan nanti akan terlihat mutasi e-money tersebut.

Terlihat pada gambar di atas, pada baris paling pertama ada keterangan Isi Ulang. Itu adalah riwayat top up e-money. Sedangkan pada baris berikutnya ada keterangan “Beli” dan itu merupakan daftar penggunaan kartu, baik saat bayar tol, belanja dan lainnya.

Jadi dengan melihat riwayat transaksi ini, kita bisa tahu saldo masuk maupun penggunaan kartu e-toll per tanggalnya.

Cek riwayat transaksi kartu e-toll Mandiri ini bisa juga kita gunakan sebagai bukti ketika top up e-money Mandiri saldo tidak bertambah. Namun saldo tabungan sudah terpotong atau berkurang.

Karena melalui histori transaksi, akan terlihat kapan terakhir saldo kartu masuk maupun digunakan. Sehingga kita bisa lebih mudah membuktikan memang benar tidak ada saldo masuk meskipun keterangan top up berhasil.

2. Cek Mutasi Transaksi E-Money Mandiri Lewat ATM

Untuk yang bukan nasabah Bank Mandiri, bisa cetak history kartu e-toll melalui ATM Mandiri dengan cara sebagai berikut.

  1. Tekan tombol Accept dengan tulisan warna Hijau. Jika tidak ada tekan tombol Hijau.
  2. Pilih menu Mandiri E-Money.
  3. Kemudian pilih Histori Transaksi.
  4. Tempelkan kartu e-money pada reader di ATM, biasanya ada tempat khusus untuk menyimpan kartu dengan warna latar kuning.
  5. Tunggu struk bukti transaksi kartu e-toll keluar dari mesin ATM Mandiri.

Ini adalah salah satu keunggulan kartu e-Money Mandiri dibandingkan kartu e-money dari bank lain. Yaitu bisa cetak riwayat transaksi di ATM maupun aplikasi Mandiri Online.

Berbeda dengan Flazz BCA yang saat ini hanya bisa cek mutasi dari BCA Mobile, begitu juga dengan BRIZZI yang hanya bisa cek histori penggunaan e-toll via Brimo atau BRI Mobile.

Tanya Jawab

Apa bisa cek saldo e-toll dari HP tanpa NFC?

Tidak bisa, semua aplikasi di atas hanya bisa digunakan untuk melihat sisa saldo e-money di HP jika memiliki koneksi NFC. Selain NFC pengecekan saldo ini hanya bisa kita lakukan jika ada koneksi internet. Jadi tidak bisa cek secara offline melalui HP.

Solusinya jika tidak ada NFC, kamu bisa cek di ATM Mandiri atau bisa juga ke Indomaret, Alfamidi maupun Alfamart untuk melihat sisa saldo kartu e toll tersebut.

Apa bisa cek saldo e-money Mandiri lewat Mandiri Online Web di laptop atau PC?

Tidak bisa, berbeda dengan waktu masih bernama internet banking Mandiri. Dimana kita bisa melihat sisa saldo maupun daftar mutasi atau riwayat transaksi e money dari internet banking.

Setelah berubah menjadi Mandiri Online. Fitur cek saldo e-toll via Internet Banking web sudah tidak ada lagi. Jadi hanya bisa melalui Mandiri Online apps.

Cek saldo e-money Mandiri lewat internet banking web sudah tidak bisa semenjak berubah menjadi Mandiri Online.

Kenapa kartu e-money tidak terbaca di HP dengan NFC?

Ada beberapa penyebab yang membuat kartu e-money tidak terbaca, misalnya koneksi internet kurang stabil. Aplikasi yang kamu gunakan untuk cek saldo sedang bermasalah.

Karena kadang aplikasi Mandiri Online lambat atau malah tidak membaca kartu e-toll Mandiri. Jika ini terjadi maka bisa coba cek pakai aplikasi lain.

Selain dua penyebab di atas, pastikan kartu masih dalam kondisi baik belum rusak. Jika pengecekan dari HP selalu tidak bisa maka bisa coba cek di ATM atau mesin EDC.

Jika tidak terbaca juga maka kemungkinan kartunya memang sudah rusak, meskipun secara fisik masih bagus.

Kesimpulan

Dari semua aplikasi yang kami sebutkan di atas. yang paling lengkap adalah LinkAja dan BliBli. Karena bisa untuk melihat sisa saldo dari 3 jenis kartu e-toll. Yaitu Mandiri, BCA dan BRI.

Sedangkan untuk Shopee, Tokopedia, BukaLapak, iSaku baru bisa untuk mengecek sisa saldo e-toll Mandiri dan Brizzi BRI saja. Untuk Tapcash belum bisa.

Meskipun ke 3 marketplace tersebut saat ini menyediakan layanan isi ulang saldo Tapcash, namun masih terbatas top u. Belum bisa untuk mengupdate saldonya.

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan ada beberapa cara cek saldo e money di HP yaitu menggunakan aplikasi LinkAja, Shopee, Tokopedia, BliBli, Bukalapak dan iSaku.

Sedangkan jika ingin mengecek saldo e-money tanpa NFC maka bisa lewat ATM Mandiri, atau mesin EDC yang biasanya ada di Bank, Indomaret, Alfamart maupun Alfamidi.

Artikel Terkait