Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA, M-Banking dan KlikBCA

Cara top up BRIZZI lewat ATM BCA, m banking maupun klikBCA atau internet banking. Langkahnya sangat mudah, karena sama seperti saat transfer antar bank.

Jadi ketika ingin isi saldo Brizzi via m banking BCA, ATM maupun klikBCA caranya adalah transfer dari BCA ke BRI. Sedangkan untuk nomor rekening tujuan, gunakan nomor kartu Brizzi BRI yang akan sobat top up.

Dengan kata lain, biaya, minimal top up, no rekening yang sobat gunakan sama dengan cara top up Brizzi lewat Mandiri.

Artinya, setiap kali isi ulang kartu Brizzi lewat ATM BCA maupun kanal lain, akan ada biaya transfer 6.500 rupiah. Kemudian setelah berhasil transfer harus update saldo menggunakan aplikasi atau di mesin EDC.

Advertisement

Penting, tulisan ini hanya untuk pembelajaran semata. Helokepo tidak bertanggung jawab dengan segala akibat yang terjadi setelah mengikuti penjelasan yang ada pada artikel ini.

Selain itu pastikan, cek saldo Brizzi sebelum sobat lakukan top up dari BCA dan pastikan juga ada HP dengan NFC untuk mengupdate saldo setelah transfer berhasil.

Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA

  1. Masukan kartu ATM BCA.
  2. Kemudian pilih Transaksi Lainnya.
  3. Pilih Transfer.
  4. Pilih Ke Rek Bank Lain.
  5. Masukan kode transfer BCA ke BRI di ATM yaitu 002 lalu pilih Benar.
  6. Masukan jumlah uang lalu Benar. COntoh 10.000 rupiah.
  7. Selanjutnya, masukan 16 angka nomor kartu Brizzi lalu Benar.
  8. Cek informasi yang muncul di layar mesin ATM BCA. Jika no benar maka akan muncul nama BRIZZI Unik BRI.
  9. Tunggu transaksi sampai selesai dan keluar struk bukti transfer.
  10. Update saldo kartu Brizzi di Android. Bisa menggunakan aplikasi Brimo. Jika belum ada download dari Google Play Store. Aktifkan NFC, buka aplikasi Brimo lalu pilih Brizzi. Tempelkan kartu ke belakang HP lalu pilih tombol Update Saldo.
Cara Top Up BRIZZI Lewat ATM BCA

Pada gambar di atas terlihat ada saldo tertunda Brizzi 10.000. Ini merupakan hasil dari transfer BCA ke Brizzi dan setelah tap update saldo, nominal tersebut pindah menjadi saldo Brizzi yang bisa kita gunakan untuk berbagai pembayaran.

Cara Top Up Saldo BRIZZI Lewat M Banking BCA

Selain melalui top up BRIZZI lewat ATM BCA, bagi yang sudah registrasi BCA Mobile maka bisa melakukan isi saldo Brizzi lewat BCA Mobile.

Namun sekali lagi kami ingatkan. Setelah berhasil top up, sobat harus tetap update saldo di HP Android atau EDC. Aplikasi yang bisa untuk update saldo Brizzi misalnya: Brimo, LinkAja, BliBli, BukaLapak, Tokopedia, iSaku, Shopee.

Yang paling mudah adalah Brimo, karena cukup download lalu gunakan. Tidak perlu registrasi dulu. Untuk lebih jelas, silahkan lihat panduan berikut ini.

  1. Buka aplikasi BCA mobile, pilih m-BCA.
  2. Masukan kode akses.
  3. Pilih m-Transfer.
  4. Pada menu Daftar Transfer pilih Antar Bank.
  5. Pada kolom no rekening tujuan masukan 16 angka no kartu Brizzi BRI.
  6. Nama bank pilih BRI. Tap Send. Kemudian tap OK.
    no rekening tujuan
  7. Masukan PIN m BCA lalu OK.
  8. Setelah berhasil mendaftarkan tujuan transfer. Selanjutnya dari menu m-Transfer pilih Transfer – Antar Bank.
  9. Kolom bank pilih BRI. Rekening tujuan pilih no Brizzi yang tadi sudah kita daftarkan. Masukan jumlah uang. Jika semua sudah terisi tap Send.
  10. Periksa kembali no rekening tujuan. Jika benar akan muncul keterangan BRIZZI – UNIK BRI. Jika semua sudah benar tap OK.
    Cara Top Up Saldo BRIZZI Lewat M Banking BCA
  11. Masukan PIN m BCA lalu OK.
  12. Apabila berhasil akan ada pemberitahuan.
  13. Terakhir silahkan update saldo kartu e-toll Brizzi menggunakan aplikasi Brimo atau di mesin EDC.

Cara Top Up Brizzi Via Internet Banking BCA (KlikBCA Individual)

Hampir sama seperti saat isi saldo Brizzi via m BCA, top up lewat internet banking BCA juga harus menambahkan no Brizzi ke daftar tujuan transfer terlebih dahulu.

Berbeda dengan top up dari BNI Mobile. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah berikut ini.

  1. Login ke klikBCA individual melalui halaman ini.
  2. Setelah masuk pilih menu Transfer Dana.
  3. Klik Daftar Rekening Tujuan. Pilih Rekening Bank Lain. Klik Krim.
  4. Pada nama bank pilih BRI. Kategori penerima Perorangan. Nama penerima bebas bisa isi apa saja. Kemudian pada no rekening masukan 16 angka no kartu BRIZZI. Jika sudah terisi klik Lanjutkan.
    daftarkan no brizzi ke bca
  5. Aktifkan keyBCA dengan cara tekan tombol merah lalu masukan PIN. Tekan angka 2.
  6. Masukan angka yang muncul di layar halaman klikBCA ke keyBCA lalu masukan kode yang muncul di alat keyBCA ke kolom Respon APPLI 2. Klik Kirim.
    Respon APPLI 2
  7. Jika berhasil menambah rekening tujuan di klikBCA maka akan muncul pemberitahuan.
  8. Langkah selanjutnya. Klik menu Transfer Dana lalu pilih Transfer ke Rek. Bank lain Dalam Negeri.
  9. Pada no rekening tujuan pilih nomor rekening BRIZZI BRI yang tadi kita daftarkan.
    Cara Top UP Brizzi Via Internet Banking BCA (KlikBCA Individual)
  10. Pada layanan transfer pilih Online.
  11. Masukan nominal top up.
  12. Aktifkan alat keyBCA dengan cara menekan tombol warna merah lalu masukan PIN. Kemudian tekan angka 2.
  13. Masukan 8 angka yang muncul di layar klikBCA ke alat keyBCA.
  14. Masukan kode respon yang muncul di keyBCA ke kolom appli 2. Jika sudah klik Lanjutkan.
  15. Terakhir, pada keyBCA tekan angka 1. Kemudian masukan kode yang muncul di KeyBCA ke kolom kode respon APPLI 1 lalu klik Kirim.
    Isi Saldo Brizzi BRI Lewat BCA
  16. Langkah berikutnya adalah update saldo kartu Brizzi yang tadi sudah top up dari klikBCA. Misalnya menggunakan BRImo. Caranya aktikan BRimo lalu pilih BRIZZI. Tempelkan kartu dan setelah info kartu terbaca tap tombol Update Saldo. Tempelkan kembali kartu e-toll BRI lalu tunggu sampai proses update saldo selesai.

Kekurangan Isi Saldo Brizzi BRI Lewat BCA

Berikut adalah beberapa kelemahan top up Brizzi lewat ATM BCA, m banking BCA maupun internet banking BCA yang perlu kamu tahu.

  1. Ada biaya admin 6.500 rupiah per transaksi, karena menggunakan metode transfer antar bank.
  2. Saldo tidak langsung masuk ke kartu Brizzi. Harus update saldo lagi dari HP Android dengan NFC atau mesin EDC. Oleh karena itu bila tidak ada HP yang memiliki koneksi NFC sebaiknya jangan lakukan hal ini.
  3. Bila top up via BCA Mobile atau internet banking harus tambahkan kartu Brizzi ke daftar transfer dulu. Jadi langkahnya lebih panjang. Meskipun ini cukup satu kali saja karena jika sudah terdaftar di tujuan transfer bisa langsung top up.

Tanya Jawab

Berapa minimal top up Brizzi lewat BCA dan berapa biayanya?

Saat ini biaya admin sekali top up adalah 6.500 rupiah, dengan batas minimal 10.000 atau sama seperti batas minimal transfer dari BCA ke bank lain.

Apakah bisa langsung update saldo e-money Brizzi di ATM BCA?

Tidak bisa, proses update saldo hanya bisa sobat lakukan dari HP Android menggunakan aplikasi Brimo, LinkAja dan lainnya atau mesin EDC.

Apakah ada cara yang lebih murah biaya admin?

Ada, misalnya top up di minimarket. Top up melalui aplikasi Tokopedia, LinkAja, iSaku, Shopee, BliBli, BukaLapak, Traveloka yang mana biayanya hanya 1.500 rupiah.

Kesimpulan

Dari 3 langkah di atasbisa kita simpulkan, cara top up BRIZZI lewat ATM BCA, m banking BCA dan klikBCA individual adalah melalui transfer antar bank.

Tentu saja tidak gratis. Karena setiap kali transfer dari BCA ke BRI ada biaya admin sebesar 6.500 rupiah. Lebih mahal bila kita bandingkan top up Brizzi lewat LinkAja, Tokopedia, Shopee, BukaLapak dan lainnya. Yang mana biayanya hanya 1.500 rupiah.

Jangan top up Brizzi lewat BCA jika tidak ada HP dengan NFC karena tidak bisa update saldo di ATM. Selain itu pertimbangkan juga biaya admin yang lebih mahal yaitu 6.500 per transaksi.

Bila tidak ada HP dengan NFC sebaiknya lakukan top up di Indomaret atau Alfamart. Karena biaya admin lebih murah dan bisa sekalian mengupdate saldo e-toll Brizzi sehingga saldonya langsung bertambah.

Namun apabila jauh dari minimarket maka sobat bisa coba isi ulang e-money Brizzi di agen BRILink, karena mereka pasti memiliki mesin EDC BRI dan bisa top up kartu e-toll.

Karena top up Brizzi lewat ATM BCA berhasil, maka ini membuktikan kalau kartu e-toll BRI bisa isi ulang via ATM bank lain. Yaitu dengan cara transfer antar bank.

Artikel Terkait