Cara Isi E-toll Mandiri Lewat ATM BCA dan M Banking BCA

Cara isi e-toll Mandiri lewat ATM BCA atau m banking BCA bisa kita lakukan dengan metode transfer BCA ke Mandiri. Meskipun ini bukan cara terbaik untuk top up e-money Mandiri. Tetapi tidak ada salahnya jika kami bahas dan tunjukan caranya.

Cara ini bisa kamu lakukan jika sedang butuh saldo e-toll, tetapi tidak bisa mengisi lewat metode lain. Selain e-toll, cara ini juga bisa untuk isi ulang saldo e-Money Mandiri Indomaret card.

Metode ini bukan cara terbaik, karena ada biaya admin 6.500 untuk setiap transaksi. Selain itu tidak bisa langsung update saldo e-money di ATM BCA maupun BCA Mobile.

Jadi untuk perbarui saldo e-toll harus menggunakan aplikasi lain seperti aplikasi LinkAja, Tokopedia, BliBli, iSaku atau bisa dari ATM Mandiri.

Oleh karena itu sebelum melanjutkan, sebaiknya pertimbangkan dulu kekurangan dari metode ini. Jika masih tetap ingin mencoba maka silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Isi E-Toll Mandiri Lewat ATM BCA

Sebaiknya sebelum mencoba transfer dari ATM BCA ke e-toll Mandiri, kamu cek saldo e-money tersebut terlebih dahulu. Tujuannya agar tahu apakah proses transfer berhasil atau tidak.

  1. Masukan kartu ATM BCA lalu PIN.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  3. Kemudian pilih Transfer.
  4. Pilih Ke rek bank lain.
  5. Masukan kode transfer BCA ke Mandiri yaitu 008. Lalu pilih Benar.
  6. Masukan 16 angka nomor kartu e-money Mandiri lalu Benar.
  7. Input nominal isi saldo, minimal 10.000 rupiah.
  8. Periksa kembali apakah jumlah uang dan no rekening tujuan (no kartu e-toll) sudah benar atau belum. Jika ya pilih Benar.
  9. Tunggu transaksi selesai dan struk bukti transfer keluar dari mesin ATM.
  10. Langkah terakhir adalah melakukan update saldo e-Money Mandiri di HP Android menggunakan aplikasi LinkAja, BukaLapak, iSaku dan lainnya. Jika tidak ada HP dengan NFC maka bisa update di mesin ATM Mandiri.

Cara Top Up E-Toll Mandiri Via M Banking BCA

Isi ulang e-Money Mandiri lewat m-BCA caranya hampir sama dengan mengisi lewat ATM yaitu melalui transfer antar bank.

Tapi sebelum bisa transfer dari BCA ke e-toll Mandiri, pertama-tama kita harus daftarkan dulu nomor kartu e-money ke daftar transfer di BCA Mobile.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara top up e-toll Mandiri lewat BCA Mobile.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile, lalu pilih m-BCA.
  2. Masukan kode akses untuk login.
  3. Pilih menu m-Transfer.
  4. Kemudian pilih Daftar TransferAntar Bank.
    transfer dari BCA ke e-toll Mandiri
  5. Pada no. Rekening Tujuan masukan 16 angka nomor kartu e-toll Mandiri yang akan kita top up. Kemudian pada kolom Bank pilih Mandiri.
  6. Setelah terisi tap Send.
  7. Jika nomor benar maka akan muncul keterangan Mandiri – nomor kartu – E-Money. Tap OK. (jika muncul keterangan INVALID berarti nomor kartu e-toll salah)
    nomor kartu – E-Money
  8. Masukan PIN m BCA.
  9. Selanjutnya, pada menu Transfer pilih Antar Bank.
  10. Pada kolom Bank pilih 008 Mandiri, no rekening tujuan pilih no e-money yang tadi sudah kita daftarkan. Isi nominal lalu tap Send.
    Cara Top Up E-Toll Mandiri Via M Banking BCA
  11. Tap OK.
  12. Masukan PIN M-BCA lalu OK.
  13. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan.
Top Up Berhasil

Jika proses transfer berhasil, langkah berikutnya adalah update saldo e-toll Mandiri di HP, mesin ATM Mandiri atau mesin EDC.

Untuk mengupdate saldo e-money setelah top up di BCA, bisa menggunakan aplikasi LinkAja, Tokopedia, iSaku Indomaret, BliBli dan lainnya.

Cara Mengupdate Saldo E-Toll Mandiri Setelah Top Up Lewat BCA

Ada banyak aplikasi untuk update saldo kartu e-toll Mandiri di HP Android yang tersedia saat ini. Cara ini bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang memiliki HP dengan NFC.

Tetapi jika tidak ada HP NFC maka bisa langsung update di ATM Mandiri. Sebagai contoh helokepo akan gunakan aplikasi LinkAja untuk mengupdate saldo.

Kenapa pakai LinkAja? karena aplikasi ini bisa menunjukan berapa nominal saldo tertunda yang masuk saat proses update berhasil.

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Pilih menu Kartu Uang Elektronik.
  3. Pilih tombol Cek Saldo.
  4. Kemudian pilih Mandiri E-Money.
  5. Tempelkan kartu e-toll Mandiri ke belakang HP sampai proses update saldo berhasil.
Isi E-Toll Mandiri Lewat ATM BCA Berhasil

Seperti terlihat pada gambar ada keterangan penambahan saldo sebesar 10.000 atau sesuai dengan jumlah terakhir top up dari BCA Mobile.

Tanya Jawab

Berapa minimal top up e-toll Mandiri lewat BCA?

Batas minimumnya adalah 10.000 karena mengikuti batas minimal transfer antar bank dari BCA.

Apakah bisa top up e-money Mandiri lewat Internet Banking BCA?

Bisa, caranya sama yaitu transfer ke bank Mandiri, dan jika sudah berhasil maka harus update saldo dari HP maupun ATM Mandiri.

Selain lewat bank BCA bisa dari mana lagi?

Dari semua bank yang bisa transfer ke rekening Mandiri. Biayanya tentu tergantung kebijkan masing-masing bank yang kamu gunakan.

Contohnya bisa top up e-money Mandiri lewat BNI, BRI, BTN dan bank lain.

Kesimpulan

Cara isi e-toll Mandiri lewat ATM BCA maupun m banking BCA ada melalui transfer ke nomor kartu e-money tersebut. Tetapi ini bukan cara yang paling tepat karena ada biaya admin 6.500 rupiah dan ada kemungkinan gagal transfer.

Sebaiknya jika ingin isi ulang kartu e-toll Indomaret, e-money Mandiri tapi bukan nasabah bank Mandiri. Maka kamu bisa isi lewat Shopee, Tokopedia, LinkAja, BliBli dan lainnya.

Tetapi jika kamu nasabah Bank Mandiri, maka cara top up e-Money paling murah dan mudah adalah lewat Mandiri Online, karena gratis tanpa biaya admin.

Artikel Terkait