10 Cara Top Up E-Money Mandiri Di LinkAja

Bagaimana cara top up e-money Mandiri di LinkAja? apakah bisa dari HP tanpa NFC? berapa minimal dan biaya admin isi saldo e-toll Mandiri lewat LinkAja?

Itulah beberapa pertanyaan yang akan kami jawab kali ini. Untuk bisa isi ulang kartu e-toll di LinkAja syaratnya hanya perlu akun LinkAja dan saldo yang cukup.

Jadi tidak perlu upgrade akun LinkAja terlebih dahulu. Karena untuk transaksi pembelian maupun pembayaran bisa dari akun basic service.

Lalu untuk mengisi saldo LinkAja jika kurang bisa melalui transfer bank BCA, maupun bank lain. Namun jika kamu memiliki rekening Mandiri, BTN, BNI atau BRI maka bisa langsung top up LinkAja melalui m banking, tanpa biaya admin.

Advertisement

Batas minimal isi saldo e-money pakai LinkAja adalah 20.000 rupiah. Ini berlaku sama untuk Brizzi BRI maupun Tapcash BNI. Sedangkan untuk biaya admin isi ulang kartu e-toll di LinkAja saat ini adalah 1.500 rupiah.

Baiklah, bagi yang ingin tahu bagaimana cara top up saldo kartu e-money lewat LinkAja, termasuk e-money Mandiri Indomaret Card maupun e-toll, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara Top Up E-Money Mandiri Di LinkAja

  1. Jika belum, aktifkan dulu NFC di HP.
  2. Buka aplikasi LinkAja. Jika belum ada silahkan download dari Google Play Store. Setelah itu daftar akun LinkAja.
  3. Pilih menu Kartu Uang Elektronik.
    Cara Top Up E-Money Mandiri Di LinkAja
  4. Jika dari HP dengan NFC maka kamu tap tombol Cek Saldo. Tempelkan kartu e-money ke belakang HP. Setelah saldonya muncul ta tombol Top Up.
  5. Jika dari HP tanpa NFC, maka isi manual nomor kartu e-money Mandiri yang akan kamu top up.
  6. Pilih nominal isi ulang, minimal 20 ribu rupiah.
  7. Periksa kembali apakah semua yang kamu input sudah benar. Jika ya tap tombol Konfirmasi.
    Cara Isi E-Toll Mandiri di HP Pakai LinkAja
  8. Masukan PIN LinkAja.
  9. Tunggu transaksi sampai selesai. Jika berhasil maka akan muncul pemberitahuan. Tap Update Saldo.
  10. Tempelkan kembali kartu e-money ke bagian belakang HP. Jangan lepas sampai proses update saldo berhasil.
    Update Saldo E-Money di LinkAja

Kendala Top Up Kartu E-Toll Lewat LinkAja Yang Mungkin Terjadi

1. Muncul pesan “Maaf transaksi tidak dapat diproses karena melebihi limit nominal transaksi atau saldo kemu tidak cukup”

Jika muncul pesan seperti itu maka, periksa apakah saldo LinkAja cukup atau tidak. Yaitu nominal top up + 1.500 untuk biaya admin bank.

Bila saldo LinkAja cukup, maka pastikan saldo pada kartu e-toll setelah top up tidak lebih dari 2 juta. Karena rata-rata batas maksimal saldo tersimpan pada kartu e-money adalah 2.000.000 rupiah.

2. Setelah masukan PIN, hanya muncul Transaksi Kamu Sedang Diproses.

Apabila saat top up setelah input PIN, tetapi hanya muncul transaksi sedang diproses. Maka buka kembali menu utama LinkAja. Kemudian cek apakah transaksi tadi sudah berhasil atau belum.

Caranya pilih menu Riwayat. Cek transaksi tadi, jika tidak ada keterangan gagal dan saldo LinkAja sudah terpotong maka coba update saldo kartu e-money tersebut.

Caranya buka menu Kartu Uang Elektronik, lalu piih Cek Saldo – Mandiri E-Money kemudian tempelkan kartu e-toll tadi. Jika ada keterangan saldo berhasil di-update berarti transaksi tadi memang benar-benar berhasil.

Tetapi jika saldo LinkAja terpotong tapi saldo e-Money tidak bertambah. Dengan kata lain top up e-toll di LinkAja saldo tidak masuk. Maka periksa dulu riwayat transaksi kartu e-money tersebut.

Pengecekan bisa melalui ATM Mandiri atau menggunakan aplikasi Mandiri Online. Berikut adalah contoh daftar mutasi kartu e-toll yang bisa kita cek via Mandiri Online.

Cara Cek History E-Money Mandiri

Bila hasil pengecekan riwayat transaksi tidak ada keterangan isi ulang, maka kamu bisa langsung hubungi CS LinkAja untuk menanyakan penyebabnya.

Jangan lupa sertakan bukti pemotongan saldo LinkAja dari menu Riwayat di LinkAja dan bukti histori kartu E-toll yang kamu top up tadi gagal.

Jika tidak ada Mandiri Online, kamu bisa cetak struk mutasi e-money di ATM Mandiri. Caranya takan tombol Accept. Pilih Mandiri E-Money kemudian pilih Histori Transaksi. Nanti akan keluar struk dari mesin ATM.

Silahkan Baca : Cek Saldo dan Histori E-Money Di HP atau ATM Mandiri.

Pada intinya, jika kamu mengalami kendala saat top up e-money Mandiri di LinkAja, teliti dulu apa penyebabnya. Tapi jika saldo LinkAja berkurang tapi saldo e-money tidak bertambah setelah update saldo maka sebaiknya kumpulkan bukti transaksi dulu.

Setelah semua terkumpul, baru kamu hubungi CS LinkAja. Untuk kontak LinkAja bisa langsung via web resmi LinkAja kemudian pilih Chat yang ada di pojok kanan bawah.

Bisa juga menghubungi via akun sosial media resmi mereka, dan akunnya bisa langsung kamu cek di halaman LinkAja.id.

Tanya Jawab

Apa bisa top up e-Money Mandiri lewat LinkAja dari HP tanpa NFC?

Sangat bisa, tetapi untuk mengupdate saldo setelah berhasil top up harus lewat ATM, mesin EDC, minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Untuk update saldo e-toll Mandiri di ATM, bisa tanpa kartu ATM. Sehingga bisa dilakukan oleh non nasabah Bank Mandiri.

Jika tidak update saldo, apakah saldo pending e-money akan hangus?

Tidak ada keterangan resmi yang kami dapat mengenai hal ini. Namun berdasarkan pengalaman, saldo yang sudah tercatat ke kartu e-money meskipun tidak segera update maka tidak akan hangus.

Misalnya, pagi kita top up lalu esok hari baru update saldo e-money karena jauh dari ATM dan tidak ada HP yang memiliki NFC. Maka tidak perlu khawatir karena saldonya akan langsung bertambah setelah update berhasil.

Apa perbedaan Top Up E-Money Mandiri Di LinkAja dengan lewat Mandiri Online?

Bedanya jika isi saldo e-toll via LinkAja, kita tidak bisa tentukan nominal sesuai keinginan karena hanya bisa pilih dari yang sudah ada. Kemudian ada biaya admin 1.500.

Sedangkan jika top up e-toll lewat Mandiri Online, kita bebas mengisi jumlah isi saldo sesuai kebutuhan. Bisa 10.000 bahkan bisa 1 rupiah tanpa biaya administrasi.

Artinya mengisi ulang saldo e-toll di Mandiri Online lebih fleksibel dan murah jika kita bandingkan mengisi via LinkAja maupun marketplace.

Tetapi tentu saja, isi ulang e-toll dari Mandiri Online hanya bisa untuk nasabah Bank Mandiri. Oleh karena itu top up e-Money Mandiri di LinkAja bisa menjadi salah satu alternatif bagi pengguna kartu e-toll, Indomaret card yang tidak memiliki tabungan di Bank Mandiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan jika isi saldo kartu e-toll pakai LinkAja batas minimalnya adalah 20.000. Dengan biaya admin 1.500.

Bisa dari HP tanpa NFC, namun nanti harus update saldo di ATM atau Indomaret maupun Alfamart menggunakan mesin EDC.

Demikianlah cara top up E-Money Mandiri di LinkAja yang bisa kami bagikan kali ini. Selamat mencoba.

Artikel Terkait