Top Up E-Toll Mandiri Lewat Mandiri Online (Livin By Mandiri)

Cara top up e-toll Mandiri lewat Mandiri Online atau sekarang sudah berganti nama menjadi Livin by Mandiri sangat mudah. Hal ini bisa kita lakukan dari hp tanpa NFC maupun dengan NFC, tetapi tentu ada bedanya.

Jika mengisi saldo e-toll Mandiri dari HP tanpa NFC maka harus update saldo di ATM, EDC atau pakai HP lain yang memiliki NFC.

Sedangkan jika top up saldo e-money langsung dari HP dengan NFC maka bisa sekalian update saldonya.

Memang bisa update saldo di HP lain? bisa, karena jika transaksi top up kartu e-money sudah berhasil maka kita bisa update di HP mana saja. Tidak harus dari HP yang kita gunakan untuk isi ulang e-toll.

Advertisement

Oleh karena itu bagi kamu yang ingin top up e-toll Mandiri lewat livin web atau dari HP yang tidak ada NFC tidak perlu khawatir. Yang penting transaksinya sudah berhasil, untuk proses update saldo bisa dari HP mana saja.

Cara Top Up E-Toll Mandiri Lewat Mandiri Online (Livin By Mandiri)

  1. Buka aplikasi Livin By Mandiri atau bisa juga via web Mandiri Online.
  2. Kemudian pilih menu e-money.
    Top Up E-Toll Mandiri Lewat Mandiri Online
  3. Pilih menu Isi Ulang e-money.
  4. Tap kolom Kartu Tujuan, masukan nomor kartu yang akan kita top up. Tetapi jika HP sudah NFC maka kamu bisa tap tanda kotak yang ada di sebelah kanan untuk membaca kartu e-toll. Letakan kartu pada bagian belakang HP sampai terbaca.
  5. Masukan nominal top up e-toll Mandiri di Livin, batas minimalnya 1 rupiah. Jika sudah tap Lanjut.
    Top Up Saldo E-Toll dengan Livin By Mandiri
  6. Periksa kembali apakah nomor e-money Mandiri dan jumlah isi ulang sudah benar? jika ya tap Konfirmasi.
    Konfirmasi Isi Saldo e-Money
  7. Masukan MPIN Livin dan tunggu sampai transaksi sukses.
  8. Setelah berhasil jika dari HP NFC maka tap Update Saldo Sekarang.
    Perbarui Saldo e-Toll di HP Mandiri Online
  9. Tempelkan kartu e-money ke bagian belakang HP, jangan lepas dulu kartu tetap tempelkan.
  10. Tap Perbarui Saldo.
  11. Apabila berhasil maka akan ada notifiksi di bagian atas dan saldo e-toll bertambah.

Jika melakukan top up e-toll Mandiri dari HP tanpa NFC maka silahkan update di ATM Mandiri terdekat. Karena jika belum update maka saldo kartu e-toll tidak akan bertambah.

Update Oktober 2021:

Kamu juga bisa mengisi saldo e-money Mandiri melalui aplikasi New Livin by Mandiri atau m banking Mandiri terbaru.

Tanya Jawab

Top Up E-Toll Mandiri Dari HP Tanpa NFC Bagaimana Update Saldonya?

Beberapa pilihan untuk update saldo kartu e-toll Mandiri setelah top up online dari HP tanpa NFC adalah:

  1. Melalui mesin ATM Mandiri. Tekan tombol warna hijau lalu pilih Mandiri E-Money – Update Saldo kemudian tempelkan kartu e-toll Mandiri ke reader NFC di ATM.
  2. Update di mesin EDC Mandiri, biasanya ada di Indomaret, Alfamart atau cabang Mandiri.
  3. Menggunakan HP lain yang ada NFC. Jika tidak ada Mandiri Online maka kamu bisa gunakan aplikasi LinkAja, Shopee, Tokopedia, iSaku dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca : Cara Update Saldo E-Toll Mandiri.

Setelah Top Up E-Money Mandiri Apa Harus Segera Update Saldo?

Tidak juga, saldo hasil transaksi isi ulang yang sudah berhasil tapi belum update maka akan tetap ada pada kartu tidak hangus atau hilang.

Namun ada baiknya untuk segera mengupdate saldo, agar kartu bisa digunakan untuk bayar tol dan lainnya.

Apa Bisa Isi Saldo E-Toll Mandiri Pakai Nomor Kartu Saja?

Semua kartu e-toll kecuali Flazz BCA bisa top up hanya dengan input nomor kartu. Tetapi tentu saja setelah transaksi berhasil harus update saldonya langsung dari kartu tersebut.

Top Up Saldo E-Toll Mandiri Berhasil Saldo Tidak Bertambah?

Suatu ketika kami pernah mengalami, isi saldo e-money di Mandiri Online berhasil tapi saldo tidak bertambah meski tabungan sudah terpotong.

Solusinya adalah menghubungi pihak Bank Mandiri. Namun dengan catatan kita harus sertakan bukti transaksi serta mutasi kartu e-toll.

Berikut adalah pengalaman kami mengatasi top up e-toll Mandiri saldo tabungan terpotong, saldo kartu tidak nambah:

  1. Pastikan sudah update saldo, jika muncul keterangan tidak ada saldo tertunda dan saldo tidak bertambah, lanjut ke langkah 2.
  2. Catat tanggal kejadian transaksi tersebut. (Tanggal, jam, dan nominal isi saldo)
  3. Catat juga nomor rekening Mandiri serta nama pemilik yang kita gunakan untuk top up.
  4. Cetak mutasi e-money Mandiri di ATM atau bisa juga dari aplikasi Mandiri Online. Caranya login ke Livin lalu pilih e-money setelah itu pilih Riwayat Transaksi. Tempelkan kartu e-money ke bagian HP dan tunggu sampai muncul daftar transaksinya, capture halaman tersebut.
    Isi Saldo E-Money Mandiri Berhasil Saldo Tidak Bertambah
  5. Setelah semua data siap, bisa langsung hubungi CS Bank Mandiri via email mandiricare@bankmandiri.co.id. Bisa juga melalui Twitter dengan akun @mandiricare.
  6. Beritahu kendala yang terjadi dengan detail termasuk sudah melakukan update saldo tapi tidak bertambah.
  7. Tunggu balasan dari pihak Bank Mandiri dan berikan info yang mereka minta. Berdasarkan pengalaman mereka minta data rekening dan transaksi top up yang tidak masuk tersebut.
  8. Selanjutnya tunggu pengecekan oleh tim terkait. Jika memang terbukti ada kendala saldo tidak bertambah padahal top up berhasil maka biasanya uang akan kembali ke rekening tabungan.

Kalau kamu tidak ada HP dengan NFC maka silahkan cetak mutasi e-money di mesin ATM. Karena ini sangat diperlukan sebagai salah satu bukti bahwa kartu tersebut saldonya tidak bertambah.

Berdasarkan pengalaman kami, jika data laporan lengkap maka proses refund tidak lama. Namun ada baiknya jika sampai 2×24 jam belum ada kabar, cek dulu mutasi rekening Mandiri karena biasanya sudah masuk refund tapi belum ada balasan dari Bank Mandiri.

Berapa Batas Minimal dan Maksimal Isi Saldo E-Money di Livin?

Batas minimalnya adalah 1 rupiah (jika tidak ada perubahan kebijakan). Sedangkan untuk batas maksimal tergantung sisa saldo pada kartu e-toll, karena sebuah kartu e-toll Mandiri biasanya hanya bisa menampung saldo 2 juta.

Kelebihan Top Up E-Money Mandiri Online Lewat Livin by Mandiri

Bebas menentukan nominal. Tidak seperti top up melalui marketplace atau ATM Mandiri yang hanya bisa pilih nominal isi ulang dari daftar yang sudah ada.

Jadi kita bisa isi sesuai kebutuhan misalnya 30.000, 90.000, 120.000 dan seterusnya.

Jika terjadi kendala, terutama saldo tidak bertambah atau tidak ada saldo tertunda maka bisa mudah untuk komplain.

Karena transaksinya masih ada pada layanan Bank Mandiri bukan dari pihak ke 3.

Kesimpulan

Cara top up e-toll Mandiri lewat Mandiri Online atau Livin by Mandiri adalah melalui menu e-money. Kita bisa lakukan dari HP tanpa NFC maupun dengan NFC.

Tapi jika tidak ada NFC maka harus update saldo di mesin ATM atau EDC Mandiri, bisa juga pakai HP lain yang memiliki NFC.

Jangan lupa untuk mengupdate saldo setelah transaksi berhasil. Karena jika belum update maka saldo kartu e-money Mandiri tidak bertambah.

Tapi jika sudah melakukan update namun tetap tidak bertambah, sebaiknya langsung hubungi pihak Bank Mandiri. Jika tidak ingin melalui telepon karena biaya mahal maka bisa melalui akun Twitter mandiricare atau email.

Artikel Terkait