LinkAja Cara Daftar, Cara Pakai dan Fungsinya

Sebelum membahas tentang cara daftar LinkAja, mungkin ada baiknya kamu tahu dulu apa itu LinkAja dan bisa untuk apa saja.

LinkAja adalah salah satu uang elektronik berbasis aplikasi, mirip dengan DANA, GoPay, ShopeePay dan OVO. Awalnya bernama TCash Telkomsel, sehingga yang bisa menggunakan aplikasi ini hanya pengguna nomor Telkomsel saja.

Kemudian pada 21 Februari 2019, LinkAja mulai resmi beroperasi. Setelah PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sebagai salah satu Perusahaan Penerbit Uang Elektronik dan Penyelenggara Layanan Keuangan Digital Badan Hukum.

Kehadiran LinkAja menggantikan beberapa uang ektronik dari Bank BUMN yaitu Mandiri e-cash, UnikQu dari BNI, T-Bank dan My QR dari BRI serta yap! dari BNI dan tentu saja TCASH Telkomsel.

Jadi LinkAja adalah uang elektronik berbasis aplikasi yang merupakan gabungan dari beberapa e-money yang sudah ada sebelumnya. Yaitu TCASH, e-cash, T-Bank, My Qr, UnikQu dan yap!.

Kelebihan LinkAja adalah bisa digunakan oleh semua orang. Tidak lagi terbatas pada pengguna Telkomsel, nasabah bank Mandiri, BNI, atau BRI.

Lalu apa sih fungsi LinkAja? bagaimana cara membuatnya? bagaimana cara isi saldo? bisa digunakan dimana saja?

Sabar, kita akan bahas satu per satu supaya lebih jelas.

Sejarah Singkat LinkAja

Pada 21 Februari 2019 TCASH berubah nama menjadi LinkAja dan pada 30 Juni 2019 resmi menggantikan e-cash, t-bank, my qr, unikqu serta yap!.

Secara otomatis nomor handphone yang sudah terdaftar pada TCASH, e-cash mandiri, T-Bank, UnikQu, My QR dan yap! akan terdaftar juga pada LinkAja.

Jadi tidak perlu registrasi lagi, begitu juga akun-akun yang sudah verifikasi atau upgrade pada e-money sebelumnya akan secara otomatis memiliki akun LinkAja full service.

Contoh jika dulu TCASH atau e-cash Mandiri sudah upgrade maka saat nomor tersebut mengakses LinkAja akan langsung berubah menjadi LinkAja Full Service bukan basic lagi.

Cara Daftar LinkAja Lewat Aplikasi Lebih Mudah

Untuk membuat akun caranya cukup mudah, yaitu bisa langsung unduh aplikasi LinkAja dari Google Play Store atau App Store.

Tips sebelum daftar : Gunakan no hp aktif karena ada proses verifikasi via sms dan siapkan email baik Gmail atau Yahoo serta catat atau ingat baik-baik alamat email tersebut. Karena nanti akan berguna jika tidak bisa login ke LinkAja karena lupa PIN.

Kemudian untuk registrasi LinkAja caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Masukan nomor handphone lalu tap Mulai.
  3. Cek sms masuk yang berisi kode verifikasi.
  4. Masukan nama.
  5. Masukan alamat email aktif. Ini akan berfungsi untuk mengatasi lupa PIN LinkAja.
  6. Buat PIN sebanyak 6 angka dan ingat baik-baik jangan sampai lupa.
  7. Akun sudah bisa mulai kamu gunakan.

Tentu saja sebelum bisa untuk transaksi seperti membayar belanja online maupun offline. Kamu harus top up LinkAja terlebih dahulu.

Isi saldo LinkAja bisa dengan berbagai cara seperti transfer via virtual account BCA, atau bank lain, melalui Indomaret, Alfamart maupun Alfamidi.

Cara Top Up atau Isi Saldo LinkAja

Ada berbagai cara untuk isi saldo LinkAja yang bisa kamu pilih yaitu:

  1. Top up di Indomaret, Alfamart maupun Alfamidi. Caranya cukup beritahu kasir nomor LinkAja yang akan kamu isi dan nominalnya. Setelah berhasil bayar dengan uang tunai.
  2. Top Up lewat Mandiri Online, BNI Mobile, BRI Mobile, BRIMO dan BTN Mobile. Pilih menu LinkAja lalu isi nomor handphone serta jumlah uang. Batas minimal top up LinkAja saat ini 10.000 rupiah dan tanpa biaya admin jika mengisi lewat bank BUMN baik di ATM maupun m banking.
  3. Isi saldo menggunakan virtual account BCA. Pada no VA tujuan gunakan kode 09110 + nomor hp. Contoh 09110085899922210.
  4. Melalui transfer bank dari ATM, internet banking atau mobile banking. Caranya pilih transfer antar bank lalu masukan kode 911 kemudian pada no rekening tujuan masukan no hp yang akan kamu isi saldonya.
  5. Top up pakai kartu debit berlogo visa atau mastercard dengan batas minimal 50.000 rupiah.
  6. Melalui Bank Syariah (Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRISyariah).

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa artikel berikut ini.

Dimana Bisa Menggunakan LinkAja?

Selain untuk pembayaran online, aplikasi LinkAja bisa untuk pembayaran offline di merchant.

Aplikasi e-wallet atau uang elektonik berbasis aplikasi ini fitur maupun merchantnya lebih lengkap jika kita bandingkan dengan uang elektronik lainnya.

Karena bukan hanya bisa kirim uang ke sesama pengguna atau rekening bank. Tetapi bisa untuk pembayaran transportasi umum seperti kereta api, bis maupun taksi atau ojek online.

Artinya sudah bisa untuk membayar berbagai jenis transportasi publik kecuali pembayaran di gerbang tol.

Berikut adalah merchant atau tempat dimana bisa membayar pakai saldo LinkAja.

  1. Membayar belanja di Indomaret, Alfamidi, Superindo, atau Alfamart.
  2. Membayar makan dan minum di McDonald’s, JCO, KFC, Chatime, Ayam Gepuk Pak Gembus, Baskin Robbins, Coffe Bean, Mister Donut dan lainnya.
  3. Belanja di toko retail seperti ACE Hardware, Gramedia, Dan+Dan, FamilyMart..
  4. Membayar belanja online di Tokopedia, BliBli, BukaLapak.
  5. Transportasi umum seperti Damri, Kereta KAI Access, KRL Commuter Line, MRT, LRT Palembang, LRT Jakarta, Railink, Restauran Kereta Api (Reska).
  6. Membeli tiket pesawat di Garuda dan Citilink.
  7. Membayar ongkos taksi online di GoJek atau Grab maupun Bluebird.
  8. SPBU Pertamina.
  9. Parkir (Reska Parking, Sky Parking, Parkee).
  10. Membayar tagihan BPJS, Listrik, membeli pulsa, token listrik, isi saldo kartu e-money, membeli voucher game, streaming video, tagihan TV Kabel CBN, Firts Media, Indihome, MNC Vision, My Republik, Transvision, Indosat GIG.
  11. Bayar tagihan PDAM.

Untuk naik KRL Commuter Line bayar pakai LinkAja caranya cukup buka aplikasi LinkAja kemudian goyangkan HP dan nanti akan muncul kode tiket.

Arahkan kode tiket pada reader atau scanner untuk melakukan pembayaran. Saldo akan terpotong otomatis dan jika ada sisa maka dikembalikan otomatis.

Jika masih kurang jelas, maka kamu bisa cek daftar merchant LinkAja melalui tautan ini.

Perbedaan Akun Basic dan LinkAja Full Service

Akun LinkAja ada dua tipe yaitu basic dan full service. Perbedaan keduanya adalah pada fitur serta batas maksimal saldo yang bisa tersimpan.

Akun basic bisa untuk transaksi baik online maupun offline tetapi tidak bisa transfer saldo ke pengguna lain maupun tarik tunai di ATM, atau transfer ke bank.

Sedangkan full service bisa semua. Jadi bisa kirim ke rekening bank, transfer ke sesama LinkAja, tarik saldo di ATM Mandiri, BNI, BRI dan BTN maupun di Indomaret.

FiturBasicFull Srvice
Saldo Maksimal2.000.00010.000.000
Transfer SaldoXYa
Tarik TunaiXYa
Belanja OnlineYaYa
Bayar di MerchantYaYa
Transaksi di AplikasiYaYa

Dari tabel di atas, bisa kita simpulkan perbedaan akun LinkAja Full Service dan Basic adalah pada batas maksimal saldo dan transfer serta tarik saldo. Sedangkan fitur lainnya sama saja.

Untuk mengubah ke full service caranya cukup mudah, yaitu upgrade dari aplikasi LinkAja dengan cara:

  1. Pilih menu akun.
  2. Kemudian tap tipe akun.
  3. Selanjutnya pilih Upgrade Full service.
  4. Lengkapi data seperti nama ibu kandung, NIK e-KTP pemilik akun.
  5. Foto e-KTP dengan jelas.
  6. Rekam foto diri secara live, dengan cara kedipkan mata sesuai dengan instruksi di layar HP.
  7. Tunggu proses verifikasi 1×24 jam. Jika berhasil maka akan ada pemberitahuan.

Agar langsung berhasil, usahakan saat foto e-KTP dalam keadaan jelas tidak buram atau blur. Sehingga data e-KTP bisa terbaca oleh aplikasi LinkAja.

Kelemahannya verifikasi online seperti ini adalah jika e-KTP sudah agak buram atau tidak jelas terbaca. Dari beberapa kali percobaan kami saat upgrade LinkAja pakai e-KTP buram hasilnya selalu gagal. Data pada e-KTP tidak terbaca oleh aplikasi sehingga tidak bisa lanjut ke proses berikutnya.

Jika ingin terjadi mungkin kamu bisa langsung hubungi pihak LinkAja, lalu minta bantuan untuk verifikasi data atau bisa juga datang ke Grapari terdekat.

Cara Bayar Belanja di Indomaret, Alfamart atau Merchant Lain Pakai LinkAja?

Untuk menggunakan aplikasi LinkAja saat membayar belanja di Indomaret, Alfamart, Alfamidi atau merchant lain caranya adalah.

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Bayar.
  2. Pilih token lalu masukan PIN.
    Pakai LinkAja
  3. Tunjukan kode QR atau kode token ke kasir.
  4. Jika transaksi berhasil maka saldo akan berkurang sesuai dengan jumlah tagihan.

Tips : sebelum membayar di Indomaret sebaiknya tanya kasir dulu, apakah bisa bayar via LinkAja atau tidak. Karena jika sedang gangguan pasti tidak bisa bayar di Indomaret maupun Alfamart.

Selain menggunakan token, kamu juga bisa membayar dengan cara scar qr code yang muncul di edc kasir. Bisa juga menggunakan kode bayar lalu tunjukan kode bayar kepada kasir.

Tetapi jika di Indomaret umumnya kasir lebih pilih menggunakan token, kemudian mereka input kode token tersebut di pc kasir. Meskipun ada juga yang mau menggunakan kode QR lalu scan.

Biaya Tarik Tunai Saldo LinkAja Di ATM dan Minimarket

Selain bisa kirim uang ke rekening bank, kita juga bisa tarik tunai saldo LinkAja di ATM, Indomaret, Alfamart, Alfamidi, DAN+Dan dengan biaya admin 5.000 rupiah per transaksi.

Cukup mahal memang biayanya. Oleh karena itu jika kamu mempunyai rekening Mandiri, BNI, BTN atau BRI sebaiknya tarik saldo ke rekening bank saja jangan ke ATM.

ATM yang bisa untuk mencairkan saldo LinkAja adalah ATM Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan BTN. Selain ATM dari 4 bank tersebut belum bisa.

Pengambilan uang dari LinkAja di ATM minimal 100.000 rupiah. Proses tarik tunai ini menggunakan kode token dan hanya berlaku 5 menit.

Jadi sebaiknya proses tarik saldo di aplikasi kamu lakukan ketika sudah ada di dekat ATM atau kasir Indomaret maupun Alfamart. Supaya kodenya tidak keburu expired.

Saldo baru akan berkurang jika penarikan berhasil. Jika baru request kode penarikan tapi belum sempat mengambil uangnya di ATM atau minimarket maka saldo tidak akan terpotong.

Adapun cara untuk membuat kode token atau request kode transaksinya adalah tap menu Semua lalu pilih Tarik Saldo.

Biaya Tarik Tunai Saldo LinkAja Di ATM dan Minimarket

Cara Menerima Uang Dari LinkAja Ke Rekening Bank

Untuk menerima transferan dari LinkAja ke rekening bank caranya cukup berikan no rekening saja.

Jika transaksi sudah selesai maka dana akan langsung masuk ke tabungan kamu. Jadi tidak perlu melakukan apapun apalagi pergi ke ATM untuk aktivasi saldo.

Sama saja seperti saat menerima transfer uang dari rekening bank. Kita cukup menunggu uang masuk setelah memberikan nomor rekening.

Hati-hati dengan modus yang meminta kita ke ATM lalu masukan kode aktivasi dana padahal itu malah mengirim uang kita ke orang yang tak bertaggung jawab.

Jika ada yang mengaku sudah kirim uang lewat linkaja maka kamu bisa minta bukti transfer dari aplikasi.

Caranya minta pengirim dana buka menu Riwayat lalu minta screenshot bukti kirim ke bank. Berikut adalah contoh gambar atau foto struk bukti transfer LinkAja ke rekening bank.

Bukti Transfer LinkAja

Seperti terlihat pada gambar, buktinya hanya berupa capture dari aplikasi bukan berupa kertas struk dari ATM. Pada gambar tersebut terlihat tanggal transaksi, jumlah uang, bank tujuan, nomor rekening dan nama penerima.

Jika ada yang mengirim struk kertas yang tercetak dari ATM dan berkata sudah transfer via LinkAja maka patut kamu pertanyakan.

Jika kurang yakin, merasa tidak enak oleh pengirim uang maka kamu bisa langsung tanyakan ke CS via Instagram, atau akun Twitter resmi bertanda centang biru.

Bagaimana Jika Lupa PIN LinkAja?

PIN merupakan salah satu hal penting yang harus kamu ingat agar bisa transaksi pakai LinkAja di aplikasi.

Tetapi jika lupa maka cara untuk reset pin LinkAja adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasinya.
  • Pilih Lupa PIN.
  • Kemudian pilih Email.
  • Masukan alamat email yang kamu gunakan saat registrasi.
  • Cek email masuk yang berisi kode OTP untuk reset PIN lalu input kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  • Buat PIN baru.

Bagaimana jika lupa alamat email registrasi pada akun LinkAja?

Kamu bisa pilih menjawab pertanyaan keamanan. Namun ini harus kamu buat dulu sebelumnya. Jika belum pernah buat pertanyaan keamanan maka tidak bisa reset pin pakai metode ini.

Pilihan lain untuk mengganti PIN LinkAja yang lupa dan tidak tahu alamat email saat daftar akun adalah dengan menghubungi call center di nomor 150911.

Itu sebabnya setelah selesai membuat akun sebaiknya lengkapi semua data, agar jika ada kendala terutama lupa pin kamu tidak akan mengalami kesulitan untuk reset.

Tips Mengamankan Akun

Akun LinkAja sebetulnya agak rawan terblokir sama seperti DANA, salah satu penyebab terblokirnya akun adalah karena lupa pin. Kemudian input pin yang salah berkali-kali.

Jika sudah terblokir maka solusinya hanya satu yaitu menghubungi call center via telepon. Penyebab lain adalah sering login ke nomor berbeda di satu HP atau login ke akun sama dari beberapa HP.

Jadi untuk mengurangi resiko akun terblokir, berikut adalah tipsnya.

  1. Jangan paksa login jika lupa pin. Segera pilih tombol Lupa Pin lalu reset lewat email, pertanyaan kemanan atau hubungi CS.
  2. Usahkan tidak login dari HP berbeda terlalu sering.
  3. Jangan login ke akun berbeda di satu HP dalam waktu berdekatan.
  4. Tambahkan pertanyaan keamanan melalui menu Akun – Pertanyaan Keamanan. Ini akan berguna saat ingin mengganti pin yang lupa.
  5. Usahkan untuk upgrade ke full service. Tujuannya untuk membuktikan identitas pengguna, sehingga jika ada masalah dengan akun seperti terblokir bisa lebih mudah diatasi.
akun terblokir

Data di atas berdasarkan pengalaman kami, dan yang paling cepat membuat akun tiba-tiba diblokir adalah karena salah PIN. Tapi untuk penyebab pastinya kami tidak bisa memastikan.

Namun setidaknya harus berhati-hati, apalagi jika sudah upgrade akun kemudian masih ada saldo tersisa, pasti sayang jika sampai akun terblokir.

Tanya Jawab

Apakah LinkAja bisa transfer ke BNI Syariah?

Bisa, tapi di pilihan bank tujuan transfer tidak ada BNI Syariah. Jadi yang kamu pilih adalah BNI kemudian masukan nomor rekening BNI Syariah tujuan.

Untuk batas minimal dan biayanya sama seperti transfer ke BNI konvensional. Yaitu 10 ribu dan tidak kena biaya admin.

Apakah bisa top up LinkAja via OVO, DANA atau GoPay?

Sayangnya tidak bisa, kode bank LinkAja 911 tidak tercantum pada OVO, DANA maupun GoPay.

Jadi pilihan untuk mengisi saldo hanya bisa dari rekening bank atau merchant seperti Indomaret, Alfamart atau Alfamidi.

Kenapa tidak bisa transfer ke pengguna lain atau rekening bank?

Pastikan sudah upgrade ke full service, kemudian pastikan saldo cukup. Karena jika kamu kirim uang dari LinkAja ke bank swasta ada biaya admin 6.500 rupiah.

Namun jika bank tujuan adalah bank HIMBARA maka tidak kena biaya admin. Batas minimal transfer saldo LinkAja ke rekening bank adalah 10.000.

Sedangkan kirim saldo ke sesama pengguna gratis dengan batas minimal 100 rupiah.

Apakah bisa untuk membayar Shopee?

Bisa tetapi bukan metode pembayaran resmi. Jadi kamu harus pilih bank BRI dicek otomatis saat belanja di Shopee atau saat ingin top up ShopeePay.

Kemudian dari aplikasi LinkAja pilih menu LainnyaRekening VirtualBRIVA. Setelah itu masukan nomor virtual account BRI yang kamu dapat dari aplikasi Shopee, lalu masukan nominal.

Konfirmasi dan terakhir masukan PIN. Biaya kirim saldo ke ShopeePay atau membayar Shopee via BRIVA adalah 4.000 rupiah. Belum termasuk biaya penanganan Shopee via Transfer Bank BRI.

Apakah bisa isi saldo dari BNI Syariah?

Bisa, caranya sama saja seperti dari rekening BNI Konvensional. Jadi bisa melalui ATM BNI maupun aplikasi mobile banking BNI.

Karena sampai saat tulisan ini kami buat rekening BNI Syariah masih menggunakan mesin ATM BNI dan BNI Mobile biasa. Belum memiliki aplikasi tersendiri.

LinkAja Bisa Untuk Bayar Apa Saja?

Sama seperti dompet digital lainnya, LinkAja bisa untuk pembayaran online maupun offline di merchant LinkAja. Yang menerima pembayaran LinkAja contohnya Tokopedia, MyTelkomsel, Orbit dan masih banyak lagi.

Berapa batas maksimal transfer LinkAja ke bank?

Batas maksimal kirim uang dari LinkAja ke bank per hari adalah 2.000.000 rupiah. Meskipun ada saldo lebih dari 2 juta tetapi tidak bisa transfer semua sekaligus.

Limit harian transfer saldo LinkAja ke rekening bank akan reset setiap hari. Jadi apabila ingin kirim uang lebih dari 2.000.000 maka harus kamu lakukan pada hari yang berbeda.

Kesimpulan

LinkAja adalah salah satu uang elektronik hasil penggabungan dari TCASH, E-Cash Mandiri, My QR, T-BANK BRI, UnikQu dan yap! dari Bank BNI.

Sebelum bisa menggunakan, harus membuat akun dulu dengan nomor HP kemudian verifikasi kode OTP dan alamat email.

Berfungsi sebagai pengganti pembayaran uang tunai. Bisa untuk berbagai transaksi pembelian dan pembayaran baik di aplikasi maupun merchant.

Jika ingin bisa transfer saldo, tarik tunai di ATM atau minimarket maka harus upgrade ke full service. Sedangkan jika hanya untuk keperluan pembayaran transaksi baik di aplikasi maupun merchant maka tidak perlu upgrade.

Artikel Terkait LinkAja