OVO : Pengertian Cara Daftar dan Kegunaan

OVO, Pengertian cara daftar dan kegunaan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini kini sudah memasuki zaman yang serba canggih yang memudahkan untuk melakukan berbagai hal.

Salah satunya untuk melakukan transaki keuangan, cukup menggunakan smartphone dengan berbagai aplikasi dompet digital.

Kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran, transfer uang, membayar tagihan hanya dari rumah bermodalkan handphone.

Salah satu uang elektronik atau e-money yang akan kami bahas kali ini adalah OVO.

Apa Itu OVO

OVO adalah salah satu layanan keuangan digital di Indonesia yang bisa kita akses melalui aplikasi.

Mulai mendapatkan izin operasional sebagai perusahaan fintech di seluruh Indonesia pada 25 September 2017.

Saat ini OVO sudah bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan pembayaran baik online maupun offline.

Tidak hanya untuk pembayaran transaksi di merchant tetapi kita juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim uang, bahkan investasi.

OVO Cash

Adalah uang elektronik hasil top up atau transfer dari akun lain. Bisa kita gunakan untuk pembayaran maupun transfer saldo ke rekening bank atau pengguna lain.

Namun perlu kamu ketahui, agar bisa melakukan transfer saldo baik ke bank maupun pengguna lain syaratnya harus sudah verifikasi KTP.

Member yang sudah verified bukan hanya bisa transfer saldo, tetapi batas maksimal saldo yang dapat tersimpan meningkat menjadi 10.000.000 rupiah.

Sedangkan member biasa atau club, hanya bisa menyimpan saldo maksimal 1.000.000 rupiah saja.

Tidak hanya bisa ke rekening bank. Tetapi kita juga bisa transfer OVO ke GoPay, DANA maupun ShopeePay.

OVO Cash dan OVO Point

OVO Point

Adalah sebuah loyalty reward dengan bentuk point. Biasanya kita dapatkan dari cashback setelah transaksi.

Bedanya dengan OVO Cash adalah, tidak bisa tarik tunai ke rekening bank, transfer ke akun lain maupun untuk membayar transaksi online di semua merchant.

Artinya jika ingin menggunakan untuk belanja online, biasanya hanya bisa menggunakan saldo OVO Cash.

Hal menarik dari Point ini adalah pada saat sudah terkumpul, Anda bisa menggunakan point tersebut menjadi alat pembayaran di berbagai Merchant rekanan.

Disisi lain, setiap point yang terkumpul akan dihargai setara dengan nilai mata uang rupiah sesuai dengan nominal pointnya.

Untuk 1 point OVO, harganya adalah Rp.1 . dengan adanya aplikasi ini, tentunya membuat transaksi digital semakin maju dan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran maupun transaksi dengan mudah dan cepat.

Cara Daftar Akun OVO

Supaya kita dapat menggunakan layanan dari aplikasi tersebut, sebelumnya Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui aplikasi.

Sesudah Anda mendaftar, maka nantinya Anda akan diberi sebuah akun dan bisa digunakan untuk mengakses berbagai fitur yang tersedia di dalamnya. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Instal Aplikasi OVO

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentu saja menginstal aplikasi OVO sesuai dengan jenis perangkat Anda. Untuk Android, kalian bisa download melalui Google Playstore. Sedangkan untuk iOS Anda bisa mendownloadnya melalui Appstore.

Lakukanlah Pendaftaran

Sesudah aplikasi tersebut terpasang di perangkat Anda, maka langkah selanjutnya Anda melakukan pendaftaran dengan cara berikut.

  • Pertama – tama, kalian buka aplikasi tersebut lalu usap layar ke kana kemudian sentuh mulai. Di tampilan berikutnya Anda sentuh pada Join Now untuk melakukan pendaftaran.
  • Sesudah itu, nantinya Anda akan diminta mengisi form pendaftaran. Isi form tersebut sesuai daya yang kalian miliki.
  • Apabila form tersebut sudah Anda isi seluruhnya, kemudian masukkan kode yang akan dikirim pada perangkat baik itu SMS maupun melalui email. Jika nomornya yang digunakanmaka kode tersebut akan terisi secara otomatis.
  • Sesudah itu, nantinya Anda akan dimintai membuat kode keamanan. Nah kode tersebut nantinya akan Anda gunakan setiap masuk pada aplikasi dan terdiri dari 6 kode unik.
  • Sesudah itu, Anda sudah berhasil memiliki akun OVO. Kemudian sentuh atau tap pada icon Awesome serta nantinya kalian akan masuk pada akun yang sudah dibuat. Di dalam aplikasi tersebut Anda bisa melihat saldo maupun melakukan berbagai transaksi.

OVO Bisa Digunakan Dimana Saja

Saat ini aplikasi OVO sudah bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan, baik pembayaran online maupun offline.

Beberapa toko online atau marketplace yang menerima pembayaran dengan saldo OVO secara resmi misalnya:

  • Tokopedia.
  • Zalora.
  • Jakmall.
  • BliBli.
  • MyTelkomsel.
  • Telkomsel Orbit.

Sedangkan marketplace lain belum bekerjasama secara resmi. Sehingga jika ingin belanja online menggunakan saldo OVO harus menggunakan sedikit trik.

Misalnya dengan cara transfer dari OVO ke rekening virtual pembayaran marketplace. Namun tentu saja cara ini memiliki kekurangan yaitu, tidak ada jaminan selamanya akan bisa berhasil dan ada biaya admin tambahan.

Sedangkan untuk penggunaan offline saat ini sudah jauh lebih luas. Berbeda dengan merchant online, merchant offline jumlahnya lebih banyak.

Cara membayar pakai OVO di merchant sangatlah mudah, yaitu cukup beritahu kasir kita akan membayar menggunakan saldo OVO Cash lalu nanti kasir akan input tagihan di mesin EDC.

Kemudian kita tinggal beritahukan nomor yang terdaftar dan nanti saldo akan terpotong. Namun saat ini selain via EDC, transaksi pembayaran di merchant sudah bisa menggunakan QRIS.

Sehingga jauh lebih mudah, kita cukup scan kode QR di toko tersebut melalui aplikasi dan lakukan pembayaran.

Selain bisa untuk pembayaran belanja, transfer ke sesama pengguna maupun ke rekening bank. Kita juga bisa menggunakan aplikasi dompet digital ini untuk berbagai keperluan seperti:

  • Mengisi Pulsa.
  • Pembayaran parkir.
  • Membeli Token listrik PLN.
  • Membayar tagihan BPJS.
  • TV kabel.
  • Dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui daftar lengkap merhant OVO bisa kamu cek melalui halaman ini.

Cara Top Up atau Pengisian Saldo

Untuk bisa mengisi saldo atau Top Up tentunya terdapat beberapa langkah yang bisa kalian lakukan. Oleh karena itu, simak ringkasannya.

1. Top up Via Bank

Cara pengisian saldo yang pertama adalah via bank. Anda bisa melakukan pengisian saldo di berbagai bank Indonesia.

Pada umumnya proses pengisian saldo via bank adalah dengan cara transfer ke nomor virtual account. Bisa kita lakukan dari ATM, m banking maupun internet banking.

Selain itu bisa juga menggunakan kartu debit BCA, namun kita harus daftarkan dulu kartu debit BCA di aplikasi. Setelah terhubung maka bisa langsung lakukan top up.

Nomor virtual account untuk setiap bank berbeda, oleh karena itu untuk mengetahui no VA yang harus kamu gunakan maka bisa langsung cek dari aplikasi.

Caranya pilih menu Top Up kemudian pilih Metode Lain. Setelah itu silahkan pilih ATM, Internet / Mobile Banking.

Silahkan cari nama bank sesuai dengan yang ingin kamu gunakan untuk mengisi saldo dan nanti akan muncul panduan lengkapnya beserta biaya admin.

2. Top Up Melalui Merchant Partner

Selain itu, Anda juga bisa melakukan top up dengan cara yang satu ini, yaitu melalui merchant partner dengan cara sebagai berikut.

  • Kunjungilah Merchant terdekat.
  • kemudian informasikan pada kasir nominal pengisian saldo.
  • setelah itu, berikanlah uang tunai sesuai dengan nominal top up pada kasir.
  • selanjutnya kalian informasikan nomor ponsel yang sudah terdaftar pada akun tersebut.
  • terakhir, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa pengisian saldo sudah berhasil.

Catatan :

Saat mengisi saldo di merchant akan ada biaya admin yang nominalnya bisa berubah-ubah sesuai kebijakan terbaru.

3. Top Up Via OVO Booth

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi OVO Booth untuk melakukan pengisian saldo. Biasanya lokasi booth ada di beberapa mall besar atau pusat perbelanjaan.

Proses pengisian saldo di booth sangatlah mudah. Kamu hanya beritahu ingin mengisi saldo aplikasi OVO kemudian beritahu nomor yang terdaftar serta nominalnya.

Setelah selesai bayar dengan uang tunai dan saldo akan langsung bertambah.

Demikianlah sedikit info mengenai salah satu produk e-money atau biasa kita sebut juga dengan e-wallet OVO.

Artikel Terkait