Cara Belanja di Lazada Bayar Pakai OVO Tanpa Biaya Admin

Mau tahu bagaimana cara belanja di Lazada bayar pakai OVO tanpa biaya admin? kalau ya maka silahkan simak artikel ini sampai tuntas. Karena helokepo.com akan tunjukan caranya.

Sebagai informasi, saat ini OVO sudah bisa untuk pembayaran Lazada. Jadi sudah menjadi salah satu metode pembayaran resmi seperti DANA.

Artinya OVO bukan hanya bisa untuk belanja online di Tokopedia, tetapi sekarang bisa juga untuk membayar belanja di Lazada.

Sama seperti menghubungkan akun OVO ke Tokopedia. Syarat untuk bisa menautkan OVO ke Lazada adalah nomor yang terdaftar ke OVO dan Lazada harus sama.

Kalau nomornya berbeda bagaimana? sayanganya jika tidak sama maka kamu tidak bisa menghubungkan akun OVO ke Lazada sehingga tidak bisa bayar Lazada pakai OVO secara langsung.

Meskipun tidak bisa tautkan OVO dengan Lazada tetapi masih ada cara lain. Yaitu pilih metode pembayaran di Lazada menjadi bank transfer. Kemudian pada bank pilih BNI.

Setelah itu transfer dari OVO ke nomor virtual account BNI tersebut. Tetapi cara ini tidak gratis karena ada biaya admin 2.500 per transaksi.

Cara Belanja di Lazada Bayar Pakai OVO Tanpa Biaya Admin

Berikut adalah cara bayar Lazada pakai OVO terbaru, mulai dari menghubungkan akun sampai ke proses pembayarannya.

  1. Buka aplikasi Lazada.
  2. Pilih produk yang ingin sobat beli. Kemudian tap tambah ke troli atau beli sekarang.
  3. Pada halaman checkout jika OVO tidak muncul tap Lihat Semua Metode.
  4. Pada metode pembayaran pilih OVO.
  5. Kemudian tap Konfirmasi Pesanan.
    membayar Lazada lewat OVO
  6. Masukan nomor hp akun OVO yang akan dihubungkan ke Lazada. Jika sudah tap Lanjutkan.
    tautkan OVO dengan Lazada
  7. Cek sms masuk yang berisi 4 digit kode OTP. Kemudian masukan kode tersebut di halaman verifikasi.
  8. Masukan security code OVO (pin OVO).
  9. Jika berhasil terhubung tap Konfirmasi Pesanan.
    Cara Belanja di Lazada Bayar Pakai OVO
  10. Masukan PIN OVO lalu tap Bayar.
  11. Tunggu transaksi diproses. Jika berhasil maka akan terkonfirmasi otomatis dan tagihan belanja di Lazada akan terbayar.

Catatan : Langkah no 6 sampai 8 hanya perlu satu kali saja, saat pertama kali menghubungkan akun OVO ke akun Lazada.

Jika akun sudah terhubung maka setiap kali akan membayar Lazada lewat OVO hanya perlu pilih OVO pada metode pembayaran kemudian masukan pin OVO.

Seperti terlihat pada langkah di atas, tidak ada biaya admin alias gratis. Jadi bagi sobat yang sering belanja di Lazada dan memiliki akun OVO maka tidak ada salahnya jika bayar pakai saldo OVO.

Karena saat ini OVO sudah menjadi metode pembayaran resmi di app Lazada. Sehingga proses pembayaran semakin mudah. Untuk yang masih kurang jelas bisa baca di halaman pusat bantuan Lazada ini.

Bayar Lazada Pakai Saldo OVO Dengan Metode Transfer Bank

Pilihan kedua, bagi kamu yang daftar Lazada pakai nomor berbeda dengan no OVO. Maka bisa belanja di Lazada pakai OVO melalui metode pembayaran bank transfer.

Dengan catatan, akun OVO yang digunakan harus sudah upgrade. Adapun cara pembayaran Lazada pakai saldo OVO lewat bank transfer adalah sebagai berikut.

  1. Pilih produk yang ingin dibeli. Kemudian tap Tambah Ke Troli lalu tap Checkout. Bisa juga langsung tap Beli Sekarang.
  2. Pada metode pembayaran tap “Lihat Semua Metode“.
  3. Pilih Bank Transfer.
  4. Kemudian pilih BNI & Bank Lainnya. Lalu tap Mengkonfirmasi pilihan.
  5. Pastikan metode pembayaran yang terpilih adalah BNI & Bank Lainnya. Tap Buat Pesanan.
  6. Akan muncul kode pembayaran atau nomor virtual account BNI. Catat atau salin kode tersebut.
  7. Buka aplikasi OVO.
  8. Pilih menu Transfer.
  9. Pilih Ke Rekening Bank.
  10. Pada nama bank pilih BNI. Kemudian pada kolom no rekening masukan 16 digit kode bayar dari Lazada.
  11. Masukan jumlah pembayaran pada nominal transfer sesuai dengan jumlah tagihan yang muncul di Lazada. Tap Lanjutkan.
  12. Jika no rekening BNI benar. Akan muncul nama akun Lazada sobat. Tap Transfer untuk melanjutkan pembayaran.
  13. Masukan 6 digit PIN OVO.
  14. Tunggu transaksi selesai. Jika berhasil maka tagihan belanja di Lazada akan otomatis terbayar.

Seperti terlihat pada penjelasan di atas. Pembayaran belanja di Lazada lewat aplikasi OVO cara kedua ini adalah menggunakan metode transfer bank.

Yaitu transfer dari OVO ke rekening BNI virtual yang muncul di aplikasi Lazada.

Sehingga ada biaya transfer sebesar 2.500 per transaksi dan akun yang bisa membayar dengan metode ini hanya yang sudah upgrade atau verifikasi.

Jadi secara garis besar belanja di Lazada bayar pakai OVO metode kedua ini hampir seperti saat membayar pesanan Lazada lewat BNI.

Apa Bisa Mengganti Metode Bayar Lazada dari OVO ke Metode Lain?

Jika sudah klik buat pesanan maka tidak bisa diganti. Namun jika masih ada pada proses checkout maka metode pembayaran di Lazada masih bisa diganti.

Ini bukan hanya untuk berlaku untuk bayar pakai OVO saja, tetapi berlaku untuk semua pembayaran. Jadi jika sudah terlanjur buat pesanan maka saat kita klik batal akan muncil pesan “Upz, sayang sekali pesanan tidak dapat dibatalkan”

Artinya pembatalan pesanan di Lazada untuk mengganti metode pembayaran hanya bisa dilakukan jika pembayaran sudah dilakukan.

Namun tentu ini akan merepotkan karena harus mengunggu refund atau pembgembalian dana.

Kondisi kedua, pembatatalan bisa dilakukan jika sobat piih pembayaran COD. Kemudian sudah klik Buat Pesanan, namun pesanan tersebut belum diproses oleh penjual.

Jika pesanan sudah berubah status menjadi siap kirim maka untuk pembatalannya harus chat ke seller. Kemudian jika seller menyetujui maka penjual tersebut akan meminta pusat bantuan seller (PSC) untuk membatalkan pesanan dengan bukti chat dari pembeli.

Namun proses pengajuan pembatalan pesanan oleh penjual ke PSC Lazada membutuhkan waktu maksimal 3×24 jam.

Oleh karena itu meskipun sudah diajukan, pesanan biasanya akan tetap muncul. Akan hilang jika proses pembatalan sudah berhasil.

Mungkin inilah salah satu kekurangan belanja di Lazada. Yaitu tidak bisa membatalkan pesanan untuk mengubah metode pembayaran jika belum dilunasi.

Oleh karena itu sebelum memesan barang di Lazada, sebaiknya tentukan dulu metode pembayaran apa yang akan sobat gunakan.

Cara Menghapus OVO Dari Metode Pembayaran Lazada

Jika kamu tidak ingin menggunakan OVO sebagai metode pembayaran Lazada maka cara untuk memutuskan atau menghapus OVO di Lazada caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Lazada.
  2. Pilih menu Akun.
  3. Kemudian pilih Metode Pembayaran.
  4. Tap ikon hapus (tong sampah).
    Cara Menghapus OVO Dari Metode Pembayaran Lazada
  5. Kemudian konfirmasi batalkan tautan.

Kelebihan dan Kekurangan

Meskipun saat ini kita sudah bisa langsung menggunakan saldo OVO untuk pembayaran di Lazada. Tetapi ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu tahu yaitu:

Kelebihan

  1. Tidak ada biaya admin tambahan.
  2. Akun OVO yang terhubung tidak harus upgrade ke OVO premier terlebih dahulu.
  3. Proses pembayaran menjadi lebih singkat.

Kekurangan

  1. Nomor OVO dan nomor akun lazada harus sama. Jika berbeda maka tidak bisa belanja di Lazada bayar pakai OVO secara langsung. Melainkan harus pakai metode transfer bank.

Tanya Jawab

Bagaimana menghapus akun OVO di Lazada?

Jika suatu saat ingin menonaktifkan metode pembayaran OVO di Lazada, caranya adalah buka menu Akun kemudian pilih Metode Pembayaran. Tap ikon tong sampah pada akun OVO yang terhubung ke Lazada.

Apakah bisa menautkan akun OVO ke Lazada jika nomor berbeda?

Tidak bisa, nomor yang terdaftar ke akun Lazada dan akun OVO harus sama.

Apakah bayar belanja Lazada pakai OVO harus upgrade dulu ke OVO premier?

Jika bayar dengan cara tautkan akun maka tidak perlu upgrade. Tetapi jika kamu bayar dari metode pembayaran bank transfer – BNI maka perlu upgrade OVO dulu.

Apakah bisa membayar belanja Lazada pakai OVO points?

Saat tulisan ini dibuat, belum bisa. Baru bisa menggunakan OVO cash.

Bagaimana jika nomor OVO dan no Lazada berbeda?

Jika berbeda tidak bisa menyambungkan dan membayar dengan OVO di Lazada. Tetapi sobat masih bisa bayar pakai saldo OVO dengan cara pilih metode pembayaran bank transfer lalu pilih BNI.

Setelah itu lakukan transfer dari OVO ke BNI dengan nomor rekening tujuan adalah no VA yang muncul di halaman pembayaran Lazada.

Tetapi cara ini tidak gratis, ada biaya admin 2.500 dan akun OVO yang sobat gunakan untuk transfer harus sudah upgrade akun.

Kesimpulan

Cara belanja di Lazada bayar pakai OVO ada dua cara yaitu pertama menghubungkan akun OVO ke Lazada dan yang kedua adalah pilih metode pembayaran bank transfer.

Kemudian pada bank pilih BNI, setelah itu transfer dari OVO ke bank BNI tersebut. Untuk cara pertama akun OVO tidak perlu upgrade dulu, sedangkan cara kedua wajib upgrade.

Jadi saat ini belanja Lazada pakai OVO sudah jauh lebih mudah karena bisa langsung pilih OVO pada metode pembayaran Lazada. Sama seperti saat menggunakan saldo DANA untuk bayar Lazada.

Namun bagi kamu yang ragu, takut barang yang sampai tidak sesuai pesanan dan lainnya. Maka bisa pilih metode pembayaran COD atau bayar di tempat.

Karena untuk pembayaran di tempat, tidak ada biaya tambahan sehingga masih bisa menjadi pilihan ketika ingin belanja di Lazada tanpa khwatir atau tidak memiliki akun OVO, DANA maupun ATM.

Artikel Terkait

Bagikan :