Lazada, 10 Tips Belanja Aman dan Nyaman

Apakah Lazada terpercaya? bagaimana belanja aman di Lazada tanpa tertipu? pertanyaan seorang terman yang sedang mencari produk elektronik tepatnya printer.

Alasan dia ingin membeli di Lazada karena ongkos kirim lebih murah dan penjualnya adalah Official Store.

Tetapi karena belum pernah membeli barang di Lazada, akhirnya dia tanya-tanya dulu. Selain itu tentu saja sudah membandingkan harga dengan toko lain di beberapa marketplace.

Apa yang teman lakukan ini sudah sangat tepat. Yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk sebelum memutuskan membeli.

Sehingga bisa tahu, apakah produk tersebut asli atau kw, apakah harganya wajar atau tida dan lain sebagainya.

Apalagi barang yang ingin dia beli adalah produk elektronik, dan sistem pembayaran di Lazada tidak bisa cod.

Meskipun harganya sekitar 2 jutaan, atau masih dibawah batas maksimal COD Lazada yaitu 5 juta rupiah.

Singkat cerita, akhirnya teman jadi membeli printer di Lazada dari offficial store dan sekitar 3 hari kemudian barang sudah dia terima kondisi baik.

Dari pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran saat akan belanja online. Untuk lebih jelasnya silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Tips Belanja Aman Di Lazada Tanpa Takut Tertipu

Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat terapkan saat akan belanja online di Lazada. Sehingga bisa mendapatkan produk sesuai dengan yang sobat pesan.

1. Jangan Tergiur Harga Murah

Ini berlaku di semua marketplace. Jangan pernah tergiur dengan harga murah jauh di bawah harga pasaran.

Terutama jika produk yang ingin sobat beli adalah produk elektronik. Seperti HP, Laptop, Printer, Kamera dan lainnya.

Bandingkan produk sejenis dari toko lain. Misalnya jika harga normal 5 juta tapi ada yang menjual 1.500.000 tentu ini sangat mencurigakan.

Karena logikanya siapa yang mau rugi berjualan, betul?

Meskipun dalihnya sedang Flash Sale, diskon, cuci gudang tetapi ada baiknya cek harga di toko lain.

Karena Flash Sale itu bukan berarti penjual rugi, sehingga tidak mungkin penjual jujur menjual dengan harga tidak masuk akal.

Biasanya flash sale hanya memberikan diskon lebih besar dalam batas kewajaran. Misalnya 10%, 20%.

Setelah itu cek juga di marketplace lain, apakah wajar harga terlalu murah seperti itu atau tidak.

2. Untuk Barang Bermerek (Branded) Sebaiknya Beli Dari Official Store

LazMall Flagship Store

Ini sangat penting, jika ingin membeli barang bermerk baik itu handphone, TV, kamera, tas wanita sebaiknya beli dari toko resmi.

Ciri toko resmi di Lazada bisa dengan mudah kita ketahui yaitu dengan melihat apakah ada logo LazMall Flagship Store atau tidak.

Bagi yang belum tahu apa arti Flagship Store Lazada silahkan baca disini.

Jadi meskipun nama toko pakai embel-embel Official tetapi jika tidak ada logo LazMall maka patut kita curigai.

Selain itu ada juga tipe toko LazMall Certified Store, yaitu toko resmi atau distributor resmi dari sebuah brand.

Dengan membeli barang branded dari toko resmi, maka bisa dipastikan barang tersebut original.

3. Jangan Transaksi atau Transfer Uang Di Luar Lazada

Semua marketplace melarang transaksi di luar platform mereka. Bukan hanya lazada.

Jadi jika sobat selesai pesan barang di Lazada kemudian ada pihak yang mengaku dari penjual atau dari Lazada dan meminta transfer uang maka abaikan saja.

Pihak marketplace tidak pernah menghubungi pembeli via telepon hanya untuk minta menyelesaikan pembayaran. Tidak percaya?

Coba sobat pesan barang, kemudian checkout dan pilih metode pembayaran non cod. Setelah itu biarkan jangan bayar.

Normalnya bila pembeli tidak menyelesaikan pembayaran dalam waktu 24 jam. Maka pesanan akan batal otomatis.

Jadi tidak ada keterangan resmi, bila pembeli belum bayar pihak Lazada akan menghubungi via telepon.

Selain itu jika membayar via transfer bank, pastikan nomor virtual account yang sobat transfer sama dengan kode virtual account yang muncul di Lazada.

4. Baca Deskripsi Produk, Ulasan dan Performa Toko

Tips Belanja di Lazada

Setiap kali akan belanja online. Biasakan membaca deskripsi produk dengan teliti.

Lihat baik-baik foto produk, kemudian untuk melihat deskripsi produk secara lengkap caranya scroll ke bawah dan lihat bagian detail produk.

Jika kurang jelas, maka ajukan pertanyaan. Bisa juga langsung chat penjual dengan cara klik ikon Chat Seller.

Performa toko, adalah salah satu indikator penting untuk sobat jadikan pertimbangan ketika akan belanja online di Lazada.

Karena nilai yang muncul adalah hasil dari total ulasan pembeli, kecepatan pengiriman, dan persentase chat.

Pastikan semuanya di atas 90%. Kecuali untuk toko baru biasanya belum ada nilainya karena performa toko muncul dari perhitungan selama 30 hari.

Jadi nilainya akan terus berubah. Oleh karena itu jika toko baru di Lazada belum pernah menerima chat, belum mendapat penilaian dari pembeli maka biasanya performa tokonya kosong.

Pengiriman tepat waktu di Lazada dihitung 48 jam setelah pesanan masuk. Jadi jika skor di atas 90% berarti penjual tersebut rata-rata pengemasan / pengiriman pesananya cukup bagus.

5. Gunakan Metode Pembayaran di Tempat (COD)

Bila memungkinan selalu gunakan metode pembayaran COD. Kenapa? karena lebih aman, kita tidak perlu membayar pesanan bila belum menerima paketnya.

Keuntungan lain dari COD adalah, jika pesanan tiba-tiba batal, misalnya seller tidak ada stok atau ada kendala lain maka kita tidak perlu repot menunggu refund dana pembayaran.

Sayangnya tidak semua toko official mengaktifkan cod. Jadi jika sobat belanja di Lazada tidak bisa COD. Maka salah satu penyebabnya adalah penjual tidak mengaktifkan fitur COD.

Penyebab lain, bisa karena pernah beberapa kali mengalami paket gagal kirim. Sehingga pembayaran COD pembeli nonaktif.

Bisa juga karena alamat penerima tidak termasuk area COD Lazada. Namun ini biasanya hanya akan terjadi pada toko yang jasa pengirimannya menggunakan JNE.

Karena jika sudah LEX atau Ninja, jangkauan COD lebih luas.

6. Buat Video Unboxing Saat Menerima Paket

Apabila kurir Lazada tidak mau menunggu kita membuka paket. Maka sebaiknya buat video unboxing saat membuka paket tersebut.

Pastikan saat merekam video, nomor pesanan, nama penerima, nama pengirim terekam dengan jelas.

Sehingga jika barang yang kita terima tidak sesuai pesanan, akan lebih mudah untuk komplain ke CS Lazada.

Mungkin bagi sebagian orang membuat video saat akan membuka paket sedikit merepotkan. Tetapi ini sebetulnya sangat penting. Karena bisa membuktikan jika produk yang diterima tidak sesuai pesanan.

Bukan hanya untuk Lazada, tetapi unboxing video ini sebaiknya sobat lakukan juga ketika pesan barang dari marketplace lain termasuk Tokopedia maupun Shopee. Apalagi jika harganya mahal.

Karena helekepo.com pernah mengalami kejadian di marketplace lain, barang yang sampai berbeda dengan yang dipesan.

Akhirnya setelah menghubungi CS, benar saja mereka minta bukti video saat paket dibuka.

Karena kebetulan ada bukti video, akhirnya proses komplain pesanan di marketplace tersebut berjalan mulus. Kemudian tidak lama setelah proses klaim selesai, dana kembali ke saldo di akun marketplace.

7. Saat Pesanan Lazada Dibatalkan, Jangan Berikan No Rekening Sembarangan

Salah satu modus penipuan yang kadang tidak kita sadari adalah, penjual membatalkan pesanan. Kemudian menghubungi pembeli untuk minta nomor rekening pengembalian dana.

Selain via telp, biasanya penipu mengirim pesan via SMS atau WhatsApp. Dalam pesan tersebut biasanya ada link atau tautan ke halaman login palsu (phising).

Nah, parahnya jika tidak teliti lalu login di halaman tersebut. Maka dengan mudah akun pembeli diambil alih. Termasuk mengubah password, detail rekening bank pengembalian dana.

Jadi bila mengalami pembatalan pesanan sepihak, dan sudah membayar di Lazada. Sebaiknya sobat langsung chat CS Lazada melalui aplikasi atau web resmi Lazada.

Jika ingin ada CS yang menjawab langsung bukan robot, caranya ketik “Live Agent” pada kolom chat.

chat CS Lazada

8. Jangan Berikan Kode OTP

Jangan Berikan Kode OTP

Jika ada yang menghubungi via pesan singkat maupun telepon. Kemudian meminta kode OTP dengan dalih untuk pengembalian dana atau menyelesaikan pembayaran.

Maka jangan turuti. Karena bukan hanya marketplace tetapi pihak bank atau penyedia layanan keuangan sekalipun tidak pernah meminta kode OTP kepada konsumennya.

Bisa jadi orang yang meminta kode OTP ini sedang berusaha login ke akun Lazada sobat, karena tidak tahu apa sandinya, akhirnya pakai metode lupa pasword dan harus pakai kode OTP.

OTP atau One Time Password bersifat rahasia dan tidak boleh sobat beritahukan ke pihak lain, apalagi penjual.

Jika masih kurang jelas silahkan baca tentang apa itu OTP Lazada di halaman pusat bantuan ini.

9. Pastikan Hanya Mengakses Dari Aplikasi atau Web Resmi

Tips ke 9 agar belanja online di Lazada aman dan nyaman adalah hanya mengakses via app atau web resmi Lazada.

Jangan pernah klik tautan atau link yang sobat terima dari pihak lain. Jika mengakses via web, pastikan alamat yang tertera pada kolom url adalah https://lazada.co.id.

10. Pastikan Keaslian Produk Jika Membeli Bukan Dari Official Store

Semua orang yang belanja online pasti ingin mendapatkan harga paling murah. Tetapi bukan berarti hanya menjadikan harga murah sebagai patokan untuk membeli.

Beberapa produk, misalnya tinta printer banyak dijual dengan harga jomplang atau sangat murah bila kita bandingkan dengan harga di toko resminya.

Meskipun semua penjual mengatakan produk ori. Tetapi sebagai pembeli, kita harus teliti. Caranya bisa cari info di internet tentang ciri-ciri produk yang asli dan KW.

Bahkan untuk tinta printer, kita bisa temukan dengan mudah video di YouTube yang menjelaskan cara membedakan tinta printer asli dan KW.

Namun jika sobat tidak menemukan info yang cukup. Maka sebaiknya cek lagi di market place lain. Kemudian bandingkan harganya dan jangan lupa baca ulasan pembeli.

Dengan demikian akan memperkecil risiko membeli barang yang diklaim original dengan harga murah padahal bukan asli.

Kalau tidak melihat fisiknya, bagaimana membedakan asli atau bukan? Kembali lagi ke tips no 1, jangan hanya tergiur dengan harga murah. Selain itu coba cari lebih teliti di YouTube maupun internet via Google.

Kelebihan Kekurangan Belanja Online Di Lazada

Setelah beberapa kali membeli berbagai produk di Lazada, mulai dari kategori fashion, kebutuhan rumah tangga, maupun barang elektronik.

Berikut adalah beberapa kekurangan maupun kelebihannya.

Kelebihan

  1. Ongkos kirim relatif lebih murah. Contoh untuk Jabotabek biasanya hanya 6.100 jika kurirnya LEX. Sedangkan jika Ninja atau JNE biasanya 7.000 sampai 8.000.
  2. Bisa COD tanpa banyak syarat. Dengan batas maksimal transaksi 5.000.000.
  3. Ada promo bebas ongkir dari Lazada maupun penjual.
  4. Ada penjual cross border (LazGlobal), sehingga bisa membeli barang dari Cina di Lazada dengan mudah.

Kekurangan

  1. Tidak bisa pilih kurir. Baik pembeli maupun penjual sama-sama tidak bisa menentukan kurir yang ingin digunakan.
  2. Metode pembayaran sedikit. Mungkin karena lebih fokus kepada sistem COD.
  3. Tidak bisa mengubah metode pembayaran jika sudah buat pesanan.
  4. Tidak ada fitur lacak pesanan secara detail. Sehingga jika penjual menggunakan kurir Ninja, JNE, J&T maka kita harus cek langsung dari web atau app kurir untuk melihat paket sudah sampai mana.
  5. Untuk kurir LEX dan Ninja hari Minggu atau tanggal merah tidak mengambil paket ke penjual. Ini salah satu penyebab kenapa paket lama dikirim. Karena memang kurirnya libur.

Tanya Jawab

Apakah LazMall terpercaya?

LazMall adalah toko brand resmi atau setidaknya memiliki izin atau distributor resmi dari sebuah brand.

Dengan demikian produk yang dijual oleh LazMall adalah original atau asli. Karena tidak semua penjual di Lazada bisa dengan mudah mendapatkan bagde LazMall.

Bagaimana cara mengganti metode pembayaran Lazada?

Jika sudah klik buat pesanan, maka tidak bisa ubah metode pembayaran. Jadi solusinya hanya satu yaitu menunggu pesanan batal otomatis setelah 24 jam tidak kita bayar.

Kecuali belum buat pesanan, atau masih di halaman checkout maka masih bisa mengganti metode pembayaran yaitu dengan cara klik Lihat Semua Metode.

Setelah membuat pesanan, resi JNE, Ninja, J&T Lazada tidak terlacak?

Pastikan status pesanan sudah dikirim oleh penjual. Karena bila masih diproses atau dikemas, resi tersebut belum masuk ke kurir / ekspedisi sehingga tidak bisa dilacak.

Apakah hari Sabtu atau Minggu ada pengiriman paket Lazada?

Untuk pengiriman paket ke konsumen pada akhir pekan (Sabtu Minggu) termasuk hari libur tetap ada. Tetapi terbatas hanya untuk alamat rumah.

Jika menggunakan alamat kantor, maka pengiriman paket hanya pada hari kerja saja.

Apabila paket akan dikirim ke alamat penerima, biasanya ada notifikasi pada aplikasi atau ada SMS pemberitahuan.

Terkadang jika nomor ponsel yang ada pada alamat penerima sudah daftar WhatsApp, kurir biasanya memberitahukan juga via WA.

Tapi ini tidak semua kurir, dari beberapa kali belanja online di aplikasi Lazada. Baru dua kali ada kurir yang memberitahu sedang mengantar paket via WA. Sisanya tidak ada, hanya pemberitahuan resmi via SMS.

Lazada bisa bayar pakai apa saja?

Saat ini ada beberapa metode pembayaran di Lazada seperti bayar di tempat (COD), transfer bank Mandiri, BCA, BNI, kartu kredit, kartu debit, DANA, OVO, Kredivo, Indomaret maupun Alfamart.

Kredit di Lazada tanpa kartu kredit apa bisa?

Bisa, misalnya ingin kredit HP di Lazada tanpa kartu kredit maka kamu bisa menggunakan metode pembayaran cicilan kredivo. Namun tentu saja harus mempunyai akun kredivo terlebih dahulu.

Apa Saja Metode Pembayaran di Lazada?

Bagi yang belum tahu pembayaran lazada lewat apa saja, berikut adalah daftarnya.

  1. Transfer bank BCA, Mandiri, BNI atau bank lain.
  2. Kartu kredit, kartu debit yang sudah bisa untuk transaksi online (debit online) seperti BCA Mastercard, Mandiri Debit, Debit BNI Online.
  3. Pembayaran di counter Indomaret dan Alfamart tanpa biaya admin.
  4. Lazada Credit.
  5. DANA.
  6. OVO.
  7. Cicilan kartu kredit.
  8. Kredivo.
  9. KlikBCA.

Kalau bayar lewat ATM BRI bagaimana caranya?

Saat ini belum ada metode pembayaran via transfer bank BRI. Jadi jika kamu ingin membayar Lazada dari ATM BRI maka pada metode pembayaran pilih Bank Transfer lalu pilih BNI.

Setelah mendapat nomor virtual account BNI, kemudian transfer dari BRI ke virtual account BNI tersebut melalui menu transfer antar bank.

Dengan demikian ada biaya admin 6.500 rupiah per transaksi.

Jika ingin murah tanpa biaya admin maka bisa pilih pembayaran melalui Indomaret, Alfamart, DANA, OVO, BCA, BNI, Mandiri maupun aplikasi iSaku.

Kumpulan Artikel Tentang Belanja di Lazada

Kesimpulan

Jadi jika bertanya apakah Lazada terpercaya? maka jawabannya secara umum adalah Ya.

Namun tentu kembali lagi kepada pembelinya. Apakah mudah tergiur dengan harga murah terutama barang elektronik seperti handphone, atau laptop.

Karena jika mudah tergoda dengan harga yang kurang masuk akal, tentu akan membuka peluang orang untuk berniat jahat.

Oleh karena itu sebaiknya selalu ingat. Jangan pernah transaksi di luar marketplace. Jangan mudah percaya ketika ada yang mengaku dari Lazada menghubungi lewat telepon menggunakan nomor seluler.

Karena dimana-mana pihak marketplace hanya menghubungi pembeli via nomor fixed line atau telepon kantor resmi bukan pakai nomor HP.

Pada prinsipnya, belanja online di mana pun sama saja yaitu harus berhati-hati dan teliti. Begitu juga untuk masalah pengemasan pesanan yang lama, ini kembali lagi kepada penjualnya.

Oleh sebab itu pentingnya mengecek kecepatan pengiriman sebuah toko di marketplace sebelum memutuskan untuk membeli. Karena di tempat lain, sudah beberapa kali kami temukan penjual yang lama mengirim paket. Kadang hari ke 3 baru mereka kirim.

Bagikan :