Flazz BCA, Kegunaan dan Tempat Membeli Dimana Saja

Flazz BCA adalah salah satu kartu uang elektronik atau e-money dari bank BCA. Memiliki banyak kegunaan seperti untuk membayar transportasi umum, belanja di merchant, dan lainnya.

Kartu Flazz BCA bisa kita beli dengan mudah di Alfamart, maupun secara online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya. Harga kartu Flazz biasanya mulai dari 25.000 sampai 50.000 dengan saldo kosong.

Yang harga 25 ribu adalah untuk desain umum sedangkan yang 50 ribu biasanya untuk desain atau edisi khusus seperti Idul Fitri, Imlek, atau dengan tema film maupun tokoh kartun.

Jika ingin membeli secara online, kamu bisa cek di marketplace favorit kamu. Cari toko dengan nama Flazz Official Store karena itu merupakan salah satu toko resmi yang menjual kartu e-toll BCA.

Namun sebelum membeli pastikan dulu bahwa kartu yang kamu beli tersebut adalah jenis terbaru atau kartu Flazz Gen 2. Kenapa harus pilih yang gen 2? karena kartu e-money jenis ini sudah bisa top up langsung dari mobile banking.

Sedangkan versi lama hanya bisa cek saldo saja. Tidak bisa isi ulang dari m BCA. Jadi harus melalui ATM, Indomaret atau Alfamart.

Dimana Membeli Kartu Flazz BCA?

Kamu bisa mendapatkan Flazz BCA Gen 2 melalui:

  1. Indomaret.
  2. Alfamart.
  3. Kantor cabang BCA.
  4. Merchant Flazz.
  5. Membeli secara online di Shopee, Tokopedia, BliBli, BukaLapak. Cari toko dengan nama Flazz Official Store.

Jika tidak ingin membeli online, kamu bisa beli Flazz di Indomaret atau Alfamart terdekat dengan harga sekitar 25.000. Untuk mengaktifkan cukup isi saldo. Jadi jika tidak memiliki kartu ATM BCA atau m banking BCA maka kamu bisa top up Flazz sekalian ketika membeli pertama kali.

Kartu Flazz BCA Bisa Digunakan Untuk Apa Saja?

Sama seperti kartu e-money lainnya. Kartu e-toll BCA ini untuk berbagai jenis pembayaran berikut ini.

  1. Belanja di merchant seperti minimarket, supermarket, hipermarket, SPBU, toko buku seperti Gramedia, tempat rekreasi.
  2. Belanja makanan dan minuman di merchant yang sudah bekerja sama. Biasanya ada logo Flazz.
  3. Membayar parkir secure parking.
  4. Pembayaran tol.
  5. Transportasi umum seperti MRT Jakarta, Transjakarta, Commuter Line Jabodetabek dan Trans Jogja.

Jadi kegunaan atau fungsi kartu Flazz adalah sebagai pengganti uang tunai. Bisa kita gunakan saat membayar tol ,transportasi umum maupun belanja di merchant seperti Indomaret, Alfamart.

Artikel Tentang Flazz BCA

Tanya Jawab

Jika hilang apakah saldo bisa dipindahkan ke kartu lain?

Tidak bisa, semua kartu prabayar atau e-money tidak memiliki jaminan saldo. Jadi jika hilang maka tidak bisa kita blokir maupun mengambil sisa saldonya.

Karena setiap orang yang menemukan bisa langsung menggunakan kartu tersebut. Oleh karena itu simpan baik jangan sampai hilang.

Apakah kartu Flazz BCA bisa untuk bayar tol?

Bisa, saat ini bisa untuk pembayaran di ruas tol di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Solo, Makassar serta Medan. Untuk info lebih lanjut bisa cek di halaman BCA ini.

Apakah bisa isi ulang Flazz pakai uang tunai?

Bisa, yaitu melalui Indomaret, Alfamart, Gramedia atau melalui mesin top up Flazz. Biasanya ada di mall atau dekat ATM bank BCA.

Apa bisa cek saldo Flazz di HP tanpa NFC?

Tidak bisa, pengecekan saldo kartu uang elektronik di HP hanya bisa kita lakukan jika smartphone tersebut memiliki koneksi NFC. Jadi jika tidak ada HP dengan NFC maka kamu bisa cek langsung di mesin ATM BCA.

Caranya cukup masukan kartu Flazz ke ATM BCa dan nanti akan muncul info saldonya.

Apakah kartu Flazz bisa untuk belanja di Indomaret atau Alfamart?

Bisa, tetapi sebaiknya sebelum membayar tanyakan dulu kepada kasir yang bertugas, karena kadang ada yang bilang tidak bisa. Entah karena tidak mengerti atau jaringan sedang gangguan.

Apakah McD Bisa Bayar Pakai Flazz?

Bisa, bahkan sekarang ada Flazz khusus MCD. Selama merchant ada logo Flazz maka bisa menerima pembayaran pakai kartu Flazz.

Apa beda Flazz Gen 1 dan Flazz Gen 2?

Gen 1 atau versi lama tidak bisa top up melalui mobile banking. Sedangkan gen 2 sudah bisa. Perbedaan kedua kartu tersebut bisa terlihat pada fisik kartu.

Untuk versi lama hanya tertulis Flazz sedangkan Gen 2 ada logo signal pada bagian atas logo. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh kartu Flazz gen 2 berikut ini.

Apa beda Flazz Gen 1 dan Flazz Gen 2
Lihat logo yang diberi tanda panah merah, Itu adalah salah satu ciri fisik dari kartu Flazz Gen 2.

Kesimpulan

Kartu Flazz BCA adalah salah satu kartu uang elektronik berbasis chip yang tertanam pada kartu. Bisa digunakan untuk berbagai pembayaran seperti transportasi, pembayaran tol, isi bensin di SPBU, maupun belanja di merchant seperti Indomaret, Alfamart, Toko Buku Gramedia dan lainnya.

Untuk bisa menggunakan kartu Flazz tidak perlu menjadi nasabah bank BCA. Tetapi cukup beli starter pack Flazz kemudian top up agar aktif dan bisa kita gunakan.

Untuk isi ulang bisa melalui ATM BCA, Indomaret, Alfamart atau merchant offline maupun lewat HP menggunakan aplikasi BCA Mobile. Batas maksimal kartu e-toll BCA ini sama dengan kartu e-toll dari bank lain yaitu 2 juta rupiah.

Namun sayangnya, ada satu kelemahan Flazz BCA yaitu baru bisa top up maupun cek saldo di HP menggunakan aplikasi m banking BCA. Belum bisa pakai aplikasi lain.

Berbeda dengan kartu uang elektronik lain, yang sudah bisa cek saldo, top up maupun update saldo menggunakan aplikasi selain dari bank penerbit kartu.

Bagikan :