Cara Isi Saldo Brizzi di Tokopedia dan Update Saldo

Cara isi saldo Brizzi di Tokopedia bisa dari HP tanpa NFC mapun HP Android dengan NFC. Tapi jika top up Brizzi dari HP tanpa NFC maka kamu harus mengupdate saldo melalui EDC atau pakai HP lain.

Tidak bisa update saldo Brizzi di ATM, kenapa tdak bisa? karena sampai saat ini tidak ada menu atau pilihan update saldo di ATM BRI. Berbeda dengan e-money Mandiri, Flazz BCA maupun Tapcash BNI.

Yang mana ATM dari ketiga bank tersebut menyediakan menu untuk update saldo setelah top up.

Jadi alangkah baiknya jika top up Brizzi lewat Tokopedia kamu lakukan dari HP dengan NFC, agar proses update pending saldo lebih mudah.

Advertisement

Sebagai informasi, pengisian saldo kartu e-toll Brizzi BRI lewat Tokopedia saat ini batas maksimalnya adalah 500.000 per transaksi. Namun untuk batas maksimal saldo Brizzi sendiri adalah 2.000.000.

Jadi kamu bisa mengisi saldo Brizzi lebih dari 500.000 asalkan tidak melebihi batas maksimal saldo yang bisa tersimpan pada kartu.

Cara Isi Saldo Brizzi di Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia terbaru.
  2. Pilih menu Top-Up & Tagihan.
  3. Kemudian pilih Uang Elektronik.
    Isi Saldo Brizzi di Tokopedia
  4. Isi nomor kartu Brizzi yang akan kamu isi ulang. Tapi jika menggunakan HP dengan NFC maka kamu bisa tap tombol Update Saldo setelah itu tempelkan kartu Brizzi BRI ke bagian belakang kartu. Setelah saldonya muncul tap tombol Top Up Sekarang.
    Masukan Nomor BRIZZI
  5. Pilih nominal top up Saldo Brizzi yang kamu inginkan, minimal 10.000 rupiah. Jika sudah tap Beli.
  6. Selanjutnya tap Bayar.
    Bayar Top Up BRIZZI di Tokopedia
  7. Pilih metode pembayaran lalu selesaikan pembayarannya sampai lunas. Pada contoh kami menggunakan pembayaran pakai saldo OVO.

Seperti terlihat pada langkah di atas, batas minimal top up Brizzi via Tokopedia adalah 10.000 dan biaya admin 1.500. Sama seperti saat kita mengisi saldo e-toll Brizzi lewat Bukalapak, maupun Shopee.

Setelah proses isi ulang e-money BRI berhasil, langkah selanjutnya adalah update saldo tertunda supaya saldo pada kartu bertambah.

Untuk mengupdate saldonya bisa lihat langkah-langkah berikut ini.

Cara Update Saldo Brizzi di Tokopedia

  1. Buka kembali aplikasi Tokopedia.
  2. Pilih menu Top-up & Tagihan lalu pilih Uang Elektronik.
  3. Tap tombol Update Saldo.
  4. Tempelkan kartu e-toll BRI ke bagian belakang HP dan jangan lepas sampai proses update saldo tertunda berhasil.
Cara Update Saldo Brizzi di Tokopedia

Selain pakai aplikasi Tokopedia kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti Brimo, LinkAja dan lainnya kecuali via ATM.

Isi Saldo e-toll di Tokopedia Berhasil Tapi Saldo Brizzi Tidak Bertambah?

Jika ini terjadi sebaiknya cek dulu mutasi Brizzi untuk membuktikan apakah benar saldo tidak masuk meskipun trasaksi berhasil atau hanya belum update saldo.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Brimo. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah di bawah ini.

  1. Aktifkan NFC.
  2. Buka aplikasi Brimo. Jika belum ada silahkan download dari Google Play Store.
  3. Pilih belum punya Akun.
  4. Kemudian pilih BRIZZI.
  5. Tempelkan kartu BRIZZI BRI ke bagian belakang ponsel dan tunggu sampai informasi kartu tersebut muncul di layar HP.
  6. Lihat bagian paling atas. Jika ada saldo tertunda maka akan ada keterangan Saldo BRIZZI yang belum aktif.
    Saldo BRIZZI yang belum aktif
  7. Jika ada keterangan seperti itu maka kamu tinggal tap tombol Aktifkan. Kemudian tempelkan lagi kartu e-toll BRIZZI untuk mengupdate saldo.
  8. Namun jika tidak ada angka pada saldo yang belum aktif, silahkan lihat bagian history atau mutasi BRIZZI. Periksa kapan terakhir transaksi kartu tersebut kamu lakukan.
  9. Jika tanggalnya berbeda dengan tanggal top up Brizzi di Tokopedia. Maka sebaiknya kamu screenshoot lalu sertakan mutasi kartu Brizzi tersebut saat laporan ke pihak Tokopedia.

Tujuan mengecek saldo Brizzi lewat Brimo adalah agar bisa lebih mudah melihat apakah ada pending saldo atau tidak. Selain itu kita juga bisa melihat mutasi transaksi dari kartu e-money BRI tersebut.

Sehingga akan lebih mudah saat komplain atau laporan ke pihak terkait.

Cara di atas berlaku sama untuk kendala saat top up Brizzi online di tempat lain misalnya Shopee, BukaLakap, iSaku dan lainnya. Jadi sebelum komplain sebaiknya kita cek dulu untuk memastikan apakah ada saldo tertunda atau tidak.

Jika tidak ada saldo tertunda maka kemungkinan proses top up memang tidak berhasil. Jadi bukan hanya untuk masalah isi saldo Brizzi di Tokopedia saja. Tetapi jika terjadi saat isi saldo di tempat lain maka sebaiknya cek dulu mutasi kartunya.

Catatan:

Jika kamu top up e-toll Mandiri dan ingin mengecek mutasi maka bisa menggunakan aplikasi Mandiri Online.

Sedangkan untuk Tapcash BNI bisa cek menggunakan aplikasi Tapcash Go.

Kesimpulan

Aplikasi Tokopedia bisa kita gunakan untuk cek saldo, top up dan update pending saldo kartu Brizzi dari HP Android dengan NFC.

Batas minimal top up Brizzi di Tokopedia saat ini adalah 10.000 atau masih lebih kecil jika kita bandingkan top up via iSaku. Yang mana saat ini batas minimal top up lewat iSaku adalah 20.000 sama seperti isi saldo lewat BliBli.

Jika mengalami kendala saat isi saldo kartu e-money BRI, sebaiknya kamu cek dulu mutasi transaksinya. Setelah itu baru hubungi pihak tempat kamu membeli saldo.

Jangan ke pihak Bank BRI karena biasanya mereka akan meminta kita hubungi pihak terkait atau pihak dimana mengisi saldo Brizzi kita lakukan.

Demikianlah panduan cara isi saldo Brizzi di Tokopedia dan mengupdate saldo setelah top up. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait